Mother&Baby Indonesia
Cara Mengatasi Pilek pada Bayi Baru Lahir

Cara Mengatasi Pilek pada Bayi Baru Lahir

DIjawab oleh dr. Yovita Ananta, Sp.A, spesialis anak dari RS Pondok Indah Jakarta.

 

T: Bayi saya baru berusia 3 minggu dan sudah seminggu ini ia pilek. Akibatnya ia suka rewel saat tidur atau menyusu. Saya khawatir bayi saya juga sesak. Kami saat ini memang tinggal di daerah dingin. Bagaimana mengatasi pilek pada bayi baru lahir?



 



J: Bayi kecil menggunakan hidungnya sebagai jalan napas utama (obligat nasal breather), sehingga bila terdapat lendir di hidungnya, tentu ia akan merasa tidak nyaman dan menjadi rewel. Begitu juga apabila pada saat hidungnya tersumbat, mulutnya juga tertutup untuk menyusu. Pilek pada bayi bisa disebabkan oleh virus yang dibawa oleh anak atau dewasa lain di sekitarnya yang sedang sakit.


Nah, saat bayi pilek, sebaiknya suhu ruangan tidak dingin, agar lendir tidak semakin menyumbat jalan napas. Perbanyak asupan ASI. Saat sulit menyusu langsung, berikan ASI perah dengan sendok, cangkir atau pipet. Bayi juga biasanya akan merasa lebih nyaman bila tidur dengan posisi kepala lebih tinggi. Bila bayi usia 3 minggu demam atau sesak napas (frekuensi napas lebih dari 50 kali per menit atau hidung terlihat kembang kempis atau ada retraksi di antara tulang-tulang iga), segera bawa ke dokter. (Meiskhe/HH/dok.Freepik)



Tags: bayi,   newborn,   penyakit,   pilek,   flu,   demam,   batuk,   dokter_anak,   ahli,   tips








Cover Maret 2020