Mother&Baby Indonesia
5 Fakta Unik dan Mengejutkan tentang Bayi Baru Lahir

5 Fakta Unik dan Mengejutkan tentang Bayi Baru Lahir

Moms, ternyata ada banyak fakta unik dan menarik yang dimiliki bayi dan tidak semua orangtua mengetahuinya, lho! Hmm, apakah sajakah itu?
Yuk, simak di sini!


1) Bayi baru lahir memiliki 100 miliar sel otak.
Wah, banyak sekali ya Moms. Nah, ratusan miliar sel otak ini berfungsi untuk mendukung kemampuan bayi memproses segala informasi. Sel-sel ini akan menjadi 'bahan bakar' untuk belajar, menciptakan atau menemukan sesuatu dan bereksplorasi selama hidupnya.




2) Jumlah tulang rawan bayi lebih dari 94 buah, lebih banyak dari orang dewasa.
Fakta mengejutkan lainnya adalah bayi baru lahir memiliki lebih dari 94 tulang rawan yang strukturnya sangat lentur. Karena tulang-tulangnya sangat lentur, maka sangat membantu bayi ketika dilahirkan dan melalui jalan lahir. Seiring pertambahan usia, tulang rawan itu diganti dengan tulang yang teksturnya lebih keras.


3) Saat kontak mata, pupil bayi membesar.
Coba perhatikan Moms, saat terjadi kontak mata antara Anda dan Si Kecil, maka pupil atau anak mata pada bola matanya akan membesar. Beberapa orang mengatakan bahwa reaksi itu merupakan respons biologis terhadap ikatan atau bonding dengan orang tua.




4) Mengenali sumber suara.
Kemampuan pendengaran bayi sudah terbentuk dalam kandungan. Maka tak heran, saat dilahirkan ia dapat bereaksi terhadap suara bahkan yang belum didengar sebelumnya. Tentunya, suara ibunya yang paling dikenalinya.


5) Lahir dengan beragam jenis sel induk atau stem cells.
Darah yang ditemukan di tali pusat bayi terdapat hematopoietik atau darah pembentuk sel induk. Tali pusat itu sendiri kaya dengan jaringan pembentuk sel induk. Sel induk itu akan berguna untuk transplantasi atau digunakan untuk kebutuhan lainnya saat ia dewasa nanti. (Meiskhe/HH/dok.Freepik)


 



Tags: bayi,   newborn,   fakta,   unik,   menarik,   sel_otak,   tulang,   pupil,   mata,   telinga










Cover Mei-Juni-Juli 2020