Mother&Baby Indonesia
Yuk, Kenali 3 Refleks Menyusu pada Bayi

Yuk, Kenali 3 Refleks Menyusu pada Bayi

Ya, umumnya bayi tak kesulitan mencari dan mengisap puting! Sebab, bayi terlahir dengan berbagai refleks untuk membantunya bertahan hidup, termasuk untuk menyusu. Bahkan, paling sedikit ada 3 refleks yang terlibat dalam proses menyusu Si Kecil. Apa sajakah itu?


1. Refleks mencari dan menangkap puting (Rooting Reflex).
Refleks ini muncul ketika Moms menyentuh pipi Si Kecil, baik dengan jari tangan maupun payudara. Bila disentuh, ia akan langsung menoleh ke arah datangnya sentuhan dan membuka mulutnya sembari berusaha menangkap puting. Ini menandakan refleks untuk mencari sumber makanannya (puting) sedang bekerja. Refleks ini akan menghilang seiring dengan pertumbuhan Si Kecil, yaitu umumnya setelah berusia 3 - 4 bulan.




2. Refleks mengisap (Sucking Reflex).
Setelah “menangkap” puting susu, selanjutnya bayi akan melakukan gerakan mengisap. Inilah yang disebut refleks mengisap, yaitu gerakan otomatis mengisap benda yang ditempatkan dimulutnya. Refleks ini merupakan rute bayi menuju pengenalan makanan. Agar refleks ini bekerja dengan maksimal, pastikan areola (lingkaran berwarna lebih gelap di sekitar puting) telah masuk ke dalam mulut dan puting sudah menyentuh bagian langit-langit mulut.




3. Refleks menelan (Swallowing Reflex).
ASI yang keluar setelah diisap, selanjutnya akan ditelan oleh Si Kecil. Refleks menelan dimulai dengan gerakan mendorong ASI ke bagian belakang mulut oleh lidah untuk disalurkan menuju kerongkongan, kemudian pencernaan. Dengan refleks ini bayi akan mampu menelan makanan yang dibutuhkan untuk pertumbuhannya. (Claudia Carla/HH/dok.M&B UK)



Tags: bayi,   asi,   payudara,   menyusu,   susu,   mpasi,   makanan,   minuman,   nutrisi,   kesehatan








Cover Januari - Februari 2020