Mother&Baby Indonesia
Cara Tepat Membersihkan Bayi Baru Lahir

Cara Tepat Membersihkan Bayi Baru Lahir

Moms, bayi baru lahir menghabiskan sebagian besar waktunya terlindung dari lingkungan sekitar, sehingga sedikit kemungkinannya menjadi kotor. Selain bagian yang tertutup popok, bayi hanya perlu dibersihkan secara cepat di bagian tubuh terbuka seperti wajah, leher, tangan, dan kakinya.

Nah, siapkan semua perlengkapan dalam jangkauan Anda. Idealnya, bersihkan bayi di tempat yang cukup hangat dan Anda bisa leluasa bergerak. Cukup sediakan semangkur air suam-suam kuku, kapas serta handuk atau lap lembut. Sediakan pula wadah khusus untuk tempat kapas yang kotor.

Cara aman dan mudah membersihkan bayi adalah dengan menempatkan matras atau perlak tebal di lantai, lapisi dengan handuk tebal, lalu letakkan Si Kecil di atasnya. Sementara, kunci sukses membersihkan bayi adalah membersihkan semua lipatan yang ada di tubuh Si Kecil. Lipatan-lipatan ini memerangkap kotoran dan keringat yang bisa menimbulkan iritasi kulit.



 

Untuk mengetahui tahapan membersihkan bayi, simak penjelasannya berikut:

MATA DAN TELINGA
Basahi kapas dengan air matang yang suam-suam kuku. Usapkan pada setiap matanya, bagian atas dan bawah, dengan dari arah sudut dalam hingga ke luar. Gantilah kapas di setiap usapan dan untuk setiap mata untuk menghindari penyebaran infeksi. Gunakan kapas lebih banyak untuk membersihkan daerah sekitar dan belakang telinga. Jangan bersihkan bagian dalam telinganya karena sudah dilindungi oleh selaput lendir yang mampu membersihkan sendiri.

 

LEHER
Ini adalah bagian yang sulit dibersihkan kecuali Anda bisa membuat Si Kecil menengadah supaya bagian depan lehernya terbuka. Usap bersih dengan kapas basah, lalu tepuk-tepuk hingga kering dengan lap lembut untuk meminimalisasi risiko blackneck.



 

TANGAN
Bukalah kepalan tangan Si Kecil. Besihkan sela-sela jari tangan dan kukunya. Usap lembut dan tepuk-tepuk hingga kering seperti sebelumnya.

 

KAKI
Usap bagian atas dan telapak kaki Si Kecil. Bersihkan juga sela jari-jari kakinya. Tepuk-tepuk hingga kering dengan handuk.

 

PERUT DAN TUNGKAI
Bayi yang terus menggeliat membuat area ini sulit dibersihkan. Usap perutnya dengan kapas basah yang banyak. Lalu, gunakan kapas baru untuk membersihkan lipatan di bagian bawah perutnya. Usap sepanjang lipatan tersebut ke arah luar tubuhnya untuk menghindari penyebaran infeksi ke area genital. Hal ini penting terutama bagi bayi perempuan. Keringkan dengan lap atau handuk lembut. Pastikan tidak ada area lembap yang tersisa. (Meiskhe/HH/dok.M&B UK)



Tags: bayi,   newborn,   bersih,   mandi,   pertama_kali,   tahapan,   kotor,   kesehatan,   kebersihan,   aman








Cover Maret 2020