Mother&Baby Indonesia
Tips Aman Menggunakan Car Seat untuk Bayi

Tips Aman Menggunakan Car Seat untuk Bayi

Bagi keluarga yang memiliki mobil, car seat merupakan perlengkapan wajib ketika memiliki seorang bayi. Penggunaan car seat sangat bermanfaat karena menjaga bayi tetap berada di posisinya dengan aman dan nyaman selama dalam perjalanan. Dengan demikian, tidak akan mengganggu orangtua saat menyetir.

Namun, apakah car seat cukup aman untuk digunakan bayi terutama dalam perjalanan panjang yang berarti jarak jauh dan ditempuh dalam waktu lama? Bolehkah ia tidur di car seat tanpa khawatir akan memengaruhi bentuk tulang belakangnya yang masih akan berkembang?




Nah, untuk mengatasi kekhawatiran Anda, cobalah tips menggunakan car seat di bawah ini:

1. Batasi waktu tidur bayi di car seat
Kalau memungkinkan hindari membawa Si Kecil dalam perjalanan panjang. Kenapa? karena dikhawatirkan bentuk car seat yang semi-tegak akan memengaruhi bentuk tulang belakangnya yang masih berkembang. Car seat didesain untuk traveling. Lalu sebelum menggunakannya, Anda wajib membaca panduan penggunaan dan posisi yang benar. Anak tidak boleh dibiarkan tidur dalam waktu lama di car seat. Biasanya, perusahaan yang memproduksi car seat merekomendasikan waktu maksimum hanya 2 jam. Yang tak kalah penting, jangan pernah meninggalkan Si Kecil saat tertidur di dalam mobil ya, Moms.


2. Car seat hanya boleh digunakan di dalam mobil
Karena namanya car seat, jadi hanya boleh digunakan di dalam mobil ya, Moms. Saat Si Kecil tertidur dan Anda sudah tiba di rumah, segera pindahkan Si Kecil ke box atau tempat tidur. Soalnya, bayi paling aman tidur di permukaan rata.




3. Awasi bayi setiap saat
Apabila Anda menyetir sendirian dan hanya berdua dengan Si Kecil di dalam mobil, maka posisikan cermin berlawanan dengan bayi, sehingga Anda selalu bisa melihatnya.


4. Perhatikan suhu di dalam mobil
Pastikan bayi tidak merasa kepanasan di dalam mobil. Apabila Anda merasa kepanasan maka dipastikan Si Kecil juga merasakan hal yang sama. Berhentikan mobil sejenak dan segera periksa suhu tubuh bayi. Anda dapat membuka sedikit kaca jendela untuk memberikan angin segar di dalam mobil. (Meiskhe/HH/dok.M&B UK)


 

 



Tags: bayi,   tidur,   car_seat,   mobil,   tips,   perjalanan,   traveling,   posisi,   tulang_belakang










Cover April 2020