Mother&Baby Indonesia
4 Makanan Penting untuk Mencegah Anemia saat Hamil

4 Makanan Penting untuk Mencegah Anemia saat Hamil

Moms, beberapa ibu cenderung mengalami anemia atau kekurangan sel darah merah selama hamil. Kekurangan sel darah merah dapat terjadi karena ibu harus berbagi dengan janin di dalam rahimnya. Nah, agar tidak mengalaminya, ibu dianjurkan mengonsumsi asupan yang bergizi, terutama makanan yang mengandung banyak zat besi. Adapun makanan itu, di antaranya:

 

  1. Sayuran hijau seperti kangkung, bayam, brokoli dan sawi mengandung zat besi yang tinggi untuk menambah darah.
  2. Daging. Mengonsumsi daging dapat meningkatkan kadar hemoglobin dan kaya akan zat besi. Namun Anda perlu hati-hati, hindari mengonsumsi daging dalam porsi yang besar karena dapat memicu serangan jantung. Sebaiknya konsumsi daging rendah lemak dengan menu diet seimbang.
  3. Kacang almond. Dengan mengonsumsi kacang almond sebanyak 1 ons per harinya dapat memberikan 6% zat besi untuk tubuh.
  4. Jamur tiram. Jamur ini mengandung banyak nutrisi yaitu kalori, fosfor, vitamin B2, vitamin B1, vitamin C dan folid acid dan ampuh untuk menyembuhkan anemia.

 





Selain mengonsumsi makanan yang kaya zat besi di atas, beberapa dokter juga menganjurkan ibu untuk mengonsumsi suplemen tambahan seperti asam folat dan zat besi. Mengingat anemia adalah suatu kondisi berbahaya pada kehamilan, maka upayakan untuk selalu mengonsumsi makanan tersebut dan tentunya memeriksa hemoglobin saat hamil ya, Moms! (Meiskhe/HH/dok.Freepik)



Tags: kesehatan,   kehamilan,   anemia,   darah,   sel_darah,   hemoglobin,   dokter,   tes,   makanan,   nutrisi








Cover Januari - Februari 2020