Home - Kehamilan & Persalinan - Kehamilan / 26 April 2017 / Redaksi

Penting! Perhatikan Kesehatan Gigi dan Mulut saat Hamil

Moms, terkadang kesehatan mulut yang terdiri dari perawatan gigi dan gusi diabaikan selama hamil. Padahal, memerhatikan kesehatan mulut sangat penting lho, Moms. Dokter menyebutkan bahwa sebelum dan selama hamil ibu wajib memeriksakan gigi dan gusi ke dokter. Pemeriksaan ini bertujuan untuk mengetahui status kesehatan gigi apakah berlubang, karies atau infeksi. Jika ditemukan infeksi, maka akan berisiko kuman bermanifestasi ke rahim sehingga meyebabkan kelahiran prematur dan ketuban pecah dini.

 

Nah, untuk mengurangi masalah pada gigi selama hamil, ada baiknya Moms esktra merawatnya. Coba lakukan beberapa tips seperti dilansir dari Mother & Baby UK berikut ini:



1. Selama hamil, rutinlah mengecek kesehatan gigi ke dokter sehingga bisa lebih mewaspadai perubahan yang terjadi.

2. Selalu ingat untuk menyikat gigi setiap hari dan lakukan flossing. Hal ini dapat mengurangi pertumbuhan plak sehingga bisa mencegah komplikasi seperti infeksi pada gusi.

3. Jaga pola makan yang sehat dan hindari makanan ringan yang manis. Ingat, semakin banyak mengonsumsi makanan manis akan memengaruhi kesehatan gigi Anda. Pastikan diet vitamin D dan kalsium selama kehamilan.



4. Cermat memilih obat kumur dan hindari produk yang dapat menyebabkan warna gigi berubah dan resisten terhadap antibakteri.

5. Menyikat gigi selama 4 menit di waktu pagi dan sore hari untuk membantu mengurangi penumpukan plak. Hal ini penting karena plak dalam jumlah kecil pun dapat memengaruhi kesehatan gigi.

6. Ganti sikat gigi dengan yang bulu sikat yang lebih lembut dan gunakan pasta khusus untuk gigi sensitif.

7. Hindari melakukan perawatan gigi pada trimester pertama kehamilan dan paruh kedua trimester ketiga. Selain itu, jangan melakukan dental x-ray selama kehamilan. (Meiskhe/HH/dok.Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Muncul Ragam Bau Tak Sedap Saat Hamil? Ini Solusinya!

Ibu Hamil dan Menyusui Butuh Minum Lebih Banyak

Trik Jitu Agar Tetap Adem saat Hamil

OTHER ARTICLES

Awas Nyamuk Ganas! Ini 10 Fakta Japanese Encephalitis

Kenapa Area Puting Menghitam saat Hamil? Ini Jawabannya

Ini yang Diperiksa Dokter pada Bayi di Tahun Pertama

Mengenal Urtikaria, Penyakit Biduran pada Anak

Menu Sehat dan Praktis untuk Sahur