Mother&Baby Indonesia
Tips Aman Bepergian Jauh Saat Hamil

Tips Aman Bepergian Jauh Saat Hamil

Moms, apakah Anda khawatir tidak bisa lagi traveling ke tempat-tempat jauh karena sedang hamil? Sebenarnya, Anda masih bisa menikmati bepergian ke tempat-tempat idaman selama hamil. Namun, tentu saja harus memastikan kondisi kandungan terlebih dahulu dengan berkonsultasi ke dokter.


 



Kehamilan sehat
Menurut Sarah Reynolds, dokter konsultan kandungan dan ginekolog di sebuah rumah sakit di Inggris, ibu hamil boleh melakukan perjalanan apabila tidak ditemukan komplikasi pada kehamilannya. Meski demikian, ibu yang dinyatakan sehat pun perlu berhati-hati selama dalam perjalanan. Beberapa ahli menyarankan, waktu tepat untuk bepergian adalah saat usia kehamilan di bawah 37 minggu (32 minggu untuk kehamilan kembar). Sementara, maskapai penerbangan mewajibkan ibu boleh terbang bila kehamilan di bawah 28 minggu disertai surat keterangan dokter.


Biasanya perjalanan jauh yang membutuhkan waktu di atas 5 jam dapat membuat bumil berisiko mengalami pembekuan darah. Oleh karena itu, Anda diwajibkan untuk sering minum dan banyak bergerak. Selain itu, bawa juga kaus kaki kompres untuk mengatasi kaki bengkak selama di perjalanan. Kaus kaki ini bisa didapatkan di apotek atau beli secara online.


Nah, berikut ini tips aman bagi ibu hamil saat bepergian jauh:

Trimester I
Biasanya di trimester pertama, bumil merasakan morning sickness sehingga merasakan tidak nyaman saat di pesawat, mobil maupun kereta api. Untuk mengatasinya, bawalah minyak esensial atau jahe untuk menyamankan lambung Anda. Selain itu, hindari makan terlalu banyak dan minumlah banyak air. Pastikan Anda lebih banyak beristirahat selama dalam perjalanan ya, Moms.


 



Trimester II
Morning sickness mungkin telah hilang di usia kehamilan ini. Tetapi kemungkinan Anda mengalami rasa tidak nyaman yang lain, misalnya merasa lebih lemas dari biasanya, gampang capek karena perut semakin membesar dan lain-lain. Saat bepergian, gunakanlah pakaian yang membuat Anda nyaman, Moms. Karena selama perjalanan Anda lebih banyak duduk, maka tak perlu khawatir dengan beban di perut. Oh iya, jangan lupa saat di pesawat pilih kursi yang posisinya paling luar ya, supaya lebih nyaman dan tidak mengganggu orang lain saat akan ke kamar kecil.


 

Trimester III
Kulit perut gatal, kaki bengkak, kelelahan, nyeri dan pegal di punggung mungkin adalah hal-hal yang Anda rasakan di usia kehamilan ini. Karena itu, sebelum melakukan perjalanan jarak jauh, lakukan persiapan sebaik mungkin. Misalnya, atasi perut gatal dengan membawa lotion antigatal seperti yang diresepkan dokter, lebih banyak beristirahat dan lakukan relaksasi sederhana selama dalam perjalanan. Jangan pernah bepergian seorang diri ketika kehamilan semakin besar ya, Moms. Ajaklah suami atau kerabat dekat untuk menemani Anda. (Meiskhe/HH/dok.M&B UK)


 


 



Tags: ibu,   kehamilan,   tips,   bepergian,   perjalanan,   traveling,   aman,   nyaman,   pesawat,   kereta,   mobil,   transp










Cover Mei-Juni-Juli 2020