Mother&Baby Indonesia
Posisi Berbaring dan Tidur yang Baik Saat Hamil

Posisi Berbaring dan Tidur yang Baik Saat Hamil

Dijawab oleh dr. Ni Komang Yeni Dhanasari, Sp.OG, dokter spesialis kebidanan dan kandungan RS Pondok Indah – Puri Indah.

 

T: Bagaimana posisi berbaring dan tidur yang baik saat hamil?



 

J: Posisi terbaik untuk berbaring dan tidur sangat bervariasi, disesuaikan dengan kenyamanan calon ibu. Yang terpenting, bagaimanapun posisi ibu berbaring atau tidur, selalu letakkan bantal di bawah kepala dan bukan di bahu. Agar semakin nyaman, letakkan bantal tipis di antara kedua kaki saat berbaring menyamping. Cobalah tidur pada posisi di mana tulang belakang tetap dalam keadaan lurus.



Ibu hamil sebaiknya menghindari tidur dengan menekuk lutut berlebihan sampai ke batas dada. Tidak dianjurkan pula tidur dalam keadaan tengkurap atau posisi perut berada di bawah. Pilihlah kasur yang tidak terlalu lembut. Bila perlu taruh papan lunak di bawah penutup kasur agar mendapatkan tempat berbaring yang cukup keras. Bila sudah terbiasa dengan kasur yang empuk, mungkin agak sulit beradaptasi dengan kasur keras.

Jangan lupa, selalu gunakan penujang punggung bawah, baik dengan bantal kecil atau handuk yang digulung, untuk membuat bagian belakang tubuh terasa nyaman. Apabila hendak bangun dari posisi berbaring, sebaiknya dalam keadaan miring, menggunakan otot tubuh bagian samping, tekuk lutut semampunya, dan letakkan perlahan di samping tempat tidur sampai ke lantai. (Meiskhe/HH/dok.M&B UK)



Tags: ibu,   kehamilan,   posisi,   berbaring,   tidur,   bantal,   kasur,   lembut,   nyaman,   sehat








Cover Januari - Februari 2020