Mother&Baby Indonesia
Mengenal Terapi Insulin bagi Penderita Diabetes

Mengenal Terapi Insulin bagi Penderita Diabetes

Moms, tahukah Anda bahwa tanggal 18 April adalah hari Diabetes Nasional? Yuk, mengenal lebih dalam tentang penyakit ini dan insulin sebagai salah satu terapi pengobatannya.


Salah satu tipe diabetes adalah diabetes melitus atau diabetes tipe 2, yaitu saat tubuh mengalami peningkatan kadar gula darah karena gangguan insulin. Hormon insulin dibutuhkan untuk mengatur kadar gula darah agar bisa digunakan oleh tubuh. Oleh karena itu, pemberian insulin bisa menjadi salah satu terapi pengobatan bagi pasien yang menderita diabetes.




Walau demikian, tidak semua penderita diabetes melitus atau diabetes tipe 2 ini harus segera diberikan insulin. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memberikan insulin, seperti kadar HBA1C pasien dan reaksi dari pemberian obat oral.


Ketika pasien memiliki kadar HBA1C 7,5 persen atau lebih, pemberian insulin bisa dipertimbangkan,” ujar Medical Manager Kalbe Farma, dr. Pande Made Satrya, saat ditemui pada media workshop di Jakarta, Senin (17/4). Selain itu, dr. Pande juga mengatakan insulin bisa dipertimbangkan jika pasien sudah mengonsumsi obat oral, tapi kadar HBA1C tetap tinggi.




Jenis insulin yang diberikan adalah insulin basal atau insulin yang cukup diberikan 1 kali dalam sehari. “Jika dengan pemberian insulin basal, kadar gula darah masih tinggi dan kadar HBA1C masih tinggi atau turun tapi tidak mencapai target, saat itulah dokter dapat mempertimbangkan untuk menambah insulin lagi,” jelar dr. Pande.


Data terakhir menyebutkan sekitar 10 juta orang di Indonesia yang menderita penyakit ini dan angka tersebut membuat Indonesia menduduki peringkat 7 dunia untuk kasus diabetes. Wah, ayo terapkan pola hidup sehat untuk menghindari diabetes, Moms! (Nadia/HH/Dok. Pixabay.com)



Tags: diabetes,   info,   diabetes_mellitus










Cover Mei-Juni-Juli 2020