Mother&Baby Indonesia
5 Manfaat Berhubungan Seks Bagi Kesehatan Anda

5 Manfaat Berhubungan Seks Bagi Kesehatan Anda

Siapa yang menyangka bahwa berhubungan intim ternyata tak hanya membuat Anda nyaman. Faktanya, banyak manfaat yang bisa Anda dan pasangan dapatkan dari berhubungan seks, lho! Berikut di antaranya:

 

1. Membuat Nyaman
Seks membuat Anda merasa nyaman. Itu sebabnya, Anda selalu menginginkan kegiatan tersebut dan menghabiskan begitu banyak waktu bersama pasangan. Kesenangan dan kenyaman yang didapatkan setelah berhubungan intim disebabkan oleh pelepasan dopamin, suatu neurotransmitter yang mengaktifkan pusat otak.

 

2. Antidepresi
Sebuah studi 2002 dari Universitas di Albany melihat 300 perempuan dan menemukan bahwa mereka yang melakukan hubungan seks tanpa kondom memiliki gejala depresi lebih sedikit dibandingkan wanita yang tidak menggunakan kondom. Para peneliti berhipotesis bahwa berbagai senyawa dalam air mani, termasuk estrogen dan prostaglandin, memiliki sifat antidepresan. Kemudian, diserap ke dalam tubuh setelah berhubungan seks.

 

 3. Menghilangkan Rasa Sakit
Jangan melewatkan waktu berhubungan intim ketika Anda menderita sakit kepala. Penelitian menunjukkan bahwa melakukan hubungan intim bisa meringankan gejala sakit Anda. Dalam sebuah penelitian di Jerman pada 2013, 60% dari peserta yang memiliki migrain dan 30% dari penderita berhubungan intim selama sakit kepala tersebut berlangsung, hasilnya  sakit kepala yang mereka rasakan ternyata perlahan menghilang.

 

4. Membuat Tenang
Suatu studi menemukan bahwa orang yang baru saja melakukan hubungan seks memiliki tanggapan yang lebih baik saat mengalami stres, dibandingkan orang yang tidak melakukan hubungan seks sama sekali.

 

5. Cepat Mengantuk
Kegiatan berhubungan intim lebih mungkin untuk membuat pasangan Anda mengantuk dibandingkan Anda. Kenapa? Karena bagian dari otak yang dikenal sebagai korteks prefrontal  aktivitasnya akan turun setelah ejakulasi. Ini, bersamaan dengan pelepasan oksitosin dan serotonin dari dalam tubuh. Nah, bila pasangan Anda menderita insomnia, saatnya mengajak berhubungan seks! (Seva/HH/Dok. freepik)



Tags: seks,   sex,   hubungan intim








Cover Maret 2020