Mother&Baby Indonesia
Anak Susah Minum Obat? Coba 4 Trik Jitu Ini

Anak Susah Minum Obat? Coba 4 Trik Jitu Ini

Moms pernah mengalami susahnya memberi obat pada Si Kecil? Ya, tampaknya drama minum obat dialami oleh sebagian orangtua. Saat Si Kecil sakit dan perlu mengonsumsi obat untuk membantu kesembuhannya, ia justru susah sekali dibujuk untuk minum obat.


Biasanya, anak menolak minum obat karena beberapa obat rasanya tidak enak atau pahit. Di sisi lain, Si Kecil sedang moody karena tubuhnya merasa tak nyaman sehingga Moms semakin sulit memberinya obat.




Lalu, apa yang harus Anda lakukan? Nah, berikut cara-cara mengatasinya, Moms:

1. Berikan Pengertian
Anda dapat memberinya pengertian bahwa Si Kecil membutuhkan obat agar penyakitnya segera sembuh. Anda juga dapat memberikan contoh bahwa saat Anda sakit juga memerlukan obat agar tubuh sehat kembali. Si Kecil akan berpikir bahwa ia bukan satu-satunya orang yang harus minum obat saat sakit. Bahwa banyak orang minum obat untuk kesembuhannya.


2. Berikan Obat yang Rasanya Enak
Sekarang ini, sudah banyak obat untuk anak dengan berbagai varian rasa tertentu. Pastinya Si Kecil akan mau minum obat itu. Anda dapat meminta dokter untuk memberikan obat yang rasanya enak saat dikonsumsi sehingga tak mendapat penolakan dari Si Kecil.




3. Bercerita tentang Obat
Memberikan pesan melalui cerita dapat menjadi pilihan Anda. Berikan cerita tentang virus yang dapat membuat tubuh lemah. Lalu, obat dapat membuat tubuh sehat kembali. Si Kecil akan lebih memahami mengapa ia perlu minum obat melalui cerita bergambar.


4. Selipkan Obat Pada Makan
Memberikan makanan dengan obat diselipkan di dalamnya memang menjadi salah satu alternatif bagi Si Kecil yang susah diberi obat. Anda dapat menyelipkan sedikit demi sedikit agar Si Kecil tidak merasa ada 'sesuatu yang lain' dari makanannya.

Nah, selamat mencoba Moms, semoga Si Kecil lekas sembuh, ya!(Seva/HH/Dok. freepik)


 



Tags: minum obat,   balita,   obat








Cover Januari - Februari 2020