Mother&Baby Indonesia
5 Cara Mengatasi Puting Payudara Terluka Saat Menyusui

5 Cara Mengatasi Puting Payudara Terluka Saat Menyusui

Moms, puting susu yang terluka dapat membuat aktivitas menyusui menjadi pengalaman yang penuh penderitaan. Memang, tidak semua ibu menyusui mengalami hal tersebut. Nah, untuk meredakan rasa tidak nyaman tersebut, yuk simak tips berikut:

 



1. Pastikan Pelekatan yang Sempurna

 

Letakkan atau posisinya bayi Anda dengan benar dan nyaman. Pastikan bayi menghadap payudara Anda. Ubahlah posisi menyusui sehingga aerola memasuki mulut bayi.

 

 

2. Biarkan Puting Susu Bernapas

 

Bila puting susu sudah terluka, biarkan puting tersebut terkena udara bebas sejenak setelah menyusui. Lindungi puting susu dari gesekan pakaian untuk sementara waktu.

 

 

 

3. Keringkan Payudara

 

Gunakan nursing pad untuk mengeringkan payudara. Pastikan nursing pad tersebut tetap bersih dan tidak lembap. Ganti nursing pad bila dirasa telah basah. Kenapa? karena bila puting terluka dan terkena nursing pad yang lembap, maka akan terdapat bakteri bersarang di puting tersebut.

 



 

4. Oleskan ASI

 

ASI sebenarnya dapat menyembuhkan puting yang terluka. Jadi oleskan ASI pada puting susu yang terluka. Biarkan kering sebelum Anda menggunakan bra.

 

 

5. Gunakan Pelembap

 

Puting susu dilindungi dan dilumasi secara alami oleh kelenjar keringat dan kelenjar minyak kulit. Namun, penggunaan pelembap berupa lanolin dapat mencegah dan atau mempercepat puting susu yang terluka. Hindari produk yang berbahan dasar minyak dan vaselin. Sebaiknya bersihkan puting susu menggunakan air matang sebelum menyusui bayi. (Seva/HH/Dok. M&B UK)

 

 

RELATED VIDEO: Ask the Expert, Mitos Menyusui

 



Tags: puting,   menyusui,   berastfeeding










Cover April 2020