Mother&Baby Indonesia
Trik Tetap Hemat Pasca Melahirkan

Trik Tetap Hemat Pasca Melahirkan

Moms, usai melahirkan bayi, selanjutnya fokus mengasuh dan membesarkan Si Kecil. Nah, untuk hal ini tentunya Anda perlu menyiapkan dana untuk memenuhi kebutuhan penting Si Kecil. Masalahnya, sekarang ini poduk kebutuhan bayi tidaklah murah. Anda perlu bersiasat agar kebutuhan pokok Si Kecil tetap dapat terpenuhi. Nah, salah satu caranya adalah dengan melakukan penghematan. 

Berikut perlengkapan yang harus Anda miliki dan cara penghematannya Moms:

 



Popok
Anda harus mengeluarkan biaya untuk popok sekali pakai sebanyak Rp500.000 hingga Rp1.000.000 per bulan. Untuk menghematnya, berikut alternatifnya:


a. Beralih ke Cloth Diaper
Banyak keuntungan yang didapatkan dari popok kain, apalagi ketika Anda sedang berusaha menghemat pengeluaran bulanan. Cloth diaper dapat dicuci dan digunakan kembali oleh Si Kecil. Pastikan menjaga kebersihan cloth diaper ya, Moms!

 

b. Manfaatkan Kupon Belanja
Sekarang ini beberapa website perbelanjaan menawarkan diskon untuk pembelian tertentu. Anda dapat memanfaatkannya dan menghemat pengeluaran Anda.

 

Perlengkapan bayi
Begitu  banyak perlengkapan bayi seperti, baby box, car seat stroller, mainan bayi dan peralatan lainnya yang biayanya tidak sedikit. Anda dapat mengeluarkan biaya untuk membeli semuanya hingga Rp5.000.000 atau bahkan lebih. Berikut alternatif cara menghematnya:


a. Membeli dalam Jumlah Banyak
Ajaklah teman atau saudara yang juga baru melahirkan untuk berbelanja dalam jumlah banyak, agar Anda dan teman mendapatkan potongan harga untuk barang yang Anda beli.

 



b. Mencoba Perlengkapan Milik Saudara atau Teman
Cobalah untuk menggunakan perlengkapan bayi milik teman atau saudara Anda sebelum membelinya. Ini bertujuan untuk mengetahui apakah barang yang Anda pinjam sementara tersebut cocok digunakan untuk Si Kecil.

 

c. Manfaatkan Penyewaan
Sekarang, banyak jasa penyewaan yang hadir dengan barang yang cukup berkualitas. Bila Anda merasa memerlukan baby box, sebaiknya Anda menyewa di beberapa website terpercaya dengan harga terjangkau.

 

Susu
Meskipun ASI lebih baik dibandingkan susu formula, namun ada beberapa ibu yang memang tidak dapat memberikan ASI karena alasan medis tertentu. Biaya yang harus dikeluarkan memang tidak sedikit, sekitar Rp1.000.000 hingga Rp3.000.000 bahkan lebih.


a. ASI
Usahakan untuk memberikan ASI kepada Si Kecil hingga usia 2 tahun. Bila memang tidak mampu, Anda dapat meminta kerabat untuk mendonorkan ASI-nya.

 

b. Susu Formula
Tingginya harga susu formula dapat disiasati dengan membeli dalam jumlah banyak agar mendapatkan diskon tertentu. Anda juga dapat berburu diskon di beberapa website perbelanjaan. (Sintya Winarsih/Seva/HH/Dok. M&B UK)
 



Tags: hemat,   kebutuhan bayi,   kebutuhan anak,   financial








Cover Januari - Februari 2020