Mother&Baby Indonesia
6 Cara Bijak Menggunakan Kartu Kredit

6 Cara Bijak Menggunakan Kartu Kredit

Moms, di zaman sekarang membawa uang tunai dalam jumlah banyak sangat riskan mengingat kejahatan sering mengintai kita. Itulah salah satu alasan mengapa kartu kredit seakan menjadi sebuah kebutuhan wajib yang penting  dimiliki. Di sisi lain, dengan adanya kartu kredit, proses transaksi yang kita lakukan akan lebih mudah. Dan, banyak lagi manfaat dari kartu kredit yang bisa kita dapatkan.

 

Ya, kartu kredit sejatinya dibuat untuk membantu memenuhi kebutuhan. Namun, tidak sedikit orang yang akhirnya kehilangan kontrol, akibat dimanjakan dengan kemudahan pembayaran di muka. Bahkan ada yang sampai bergantung pada kartu ajaib ini untuk membiayai pengeluaran sehari-hari. Nah, supaya utang tidak makin menumpuk gara-gara sering menggesek kartu kredit, yuk bijak gunakan kartu kredit dari sekarang.



 

Bagaimana caranya? Ini dia panduannya!


1. Cukup 2 kartu
Membeli tanpa memikirkan pembayaran memang menyenangkan! Tapi apa gunanya kesenangan sesaat, jika akhirnya Anda pusing akibat kesulitan membayar? Sebaiknya cegah dari awal, dengan memiliki maksimal 2 kartu kredit. Ingat, semakin banyak kartu kredit, semakin banyak utang yang perlu dibayar!


2. Atur limit
Selain membatasi jumlah kartu, limit penggunaan juga perlu diatur. Tentukan limit sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan. Anda dapat menentukan limit yang kecil pada kartu yang satu dan limit yang lebih besar pada kartu yang lain. Kartu dengan limit lebih besar dapat digunakan untuk berjaga-jaga, seandainya ada keperluan mendesak.




3. Tentukan budget
Sebaiknya jangan menjadikan limit sebagai patokan jumlah yang harus digunakan. Akan lebih baik, jika Anda bisa menggunakannya di bawah limit yang sudah ditentukan. Selain bisa menghemat, kebiasaan ini dapat mencegah terjadinya overlimit yang akan berujung pada denda.


4. Manfaatkan point reward
Sejumlah bank memberikan point untuk setiap pembayaran dengan kartu kredit. Point ini dapat ditukarkan dengan hadiah atau promo menarik, jika sudah mencapai jumlah tertentu. Agar penggunaan kartu kredit semakin efektif, jangan lewatkan kesempatan menggunakan point reward. Siapa tahu, barang yang Anda ingin beli adalah salah satu hadiahnya.


5. Hindari tarik tunai
Salah satu kemudahan yang ditawarkan oleh kartu kredit adalah fasilitas tarik tunai. Mungkin fasilitas ini dapat menjadi solusi untuk pembayaran yang hanya bisa dilakukan dengan uang tunai. Namun bunga yang dikenakan juga cukup besar.


6. Tahan diri
Mungkin langkah-langkah teknis dapat dilakukan untuk pencegahan.  Tapi upaya ini akan sia-sia kalau tidak ada kontrol diri. Pastikan Anda membeli sesuai kebutuhan, bukan berdasarkan keinginan. Jangan menggunakan kartu kredit hanya untuk memenuhi hasrat belanja! Selalu pertimbangkan manfaat dan harga, sebelum membeli.

Yuk, bijak menggunakan kartu kredit, Moms! (ClaudiaCarla/HH/dok.Freepik)



Tags: keuangan,   keluarga,   kartu_kredit,   hutang,   uang,   finasial,   tips,   bijak