Mother&Baby Indonesia
6 Tips Agar Sukses Memulai Bisnis Sampingan

6 Tips Agar Sukses Memulai Bisnis Sampingan

Terkadang, pengeluaran yang semakin banyak membuat Moms atau Dads harus memutar otak untuk meningkatkan penghasilan bulanan. Jadi, tidak cukup hanya mengandalkan gaji bulanan. Hmm..bagaimana kalau Moms dan Dads mulai merintis usaha sampingan atau side project? Kalau ingin berhasil, Anda harus benar-benar merencanakannya dengan matang dan serius menjalankannya.


Nah, coba Anda lakukan 6 langkah ini agar usaha sampingan Anda meraih sukses besar:




1. Fokus pada satu usaha
Banyak ide bermunculan di kepala, tapi bingung mana yang Anda pilih? Menjalankan lebih dari satu bisnis dengan kondisi masih bekerja akan berbuah sia-sia. Pilih satu yang paling sesuai dengan minat dan keahlian. Ini adalah cara terbaik untuk memulai suatu usaha.


2. Perencanaan jelas
Perencanaan yang matang berpengaruh besar terhadap keberhasilan usaha. Jika punya rencana yang jelas, Anda dapat mengetahui apa saja yang perlu disiapkan dan berapa jumlah modal yang dibutuhkan. Jangan lupa untuk mempelajari biaya operasional, minat dan kebutuhan pasar, agar perencanaan dan target usaha lebih realistis.


3. Perluas networking
Networking menjadi salah satu landasan keberlangsungan usaha. Perluas jaringan, baik dengan mengikuti komunitas maupun 'bergaul' dengan teman kerja. Mereka akan menjadi orang-orang pertama yang bisa ditawarkan untuk membeli produk atau jasa Anda.




4. Ungkapkan ide
Terkendala dengan modal? Tenang. Pinjaman bank bukan satu-satunya jalan keluar. Cobalah untuk menjual ide Anda kepada rekan kerja. Siapa yang tidak tertarik dengan ide orisinil, perencanaan yang jelas, dan target realistis? Mengungkapkan ide akan menjadi gerbang masuk bagi investor maupun partner bisnis.


5. Bekerja cepat
Memulai usaha sampingan membutuhkan waktu, tenaga dan pemikiran. Namun, bukan berarti Anda harus mengorbankan pekerjaan kantor. Sebaliknya, bekerjalah dengan maksimal, agar pekerjaan cepat selesai. Gunakan waktu yang tersisa ini untuk kembali memikirkan bisnis Anda.


6. Gunakan teknologi baru
Tidak ada contoh yang lebih nyata mengenai dampak dari perkembangan teknologi, selain menjamurnya bisnis dan transportasi online. Anda tidak boleh ketinggalan! Agar usaha lancar, pastikan Anda menggunakan atau minimal terhubung dengan teknologi terbaru.(ClaudiaCarla/HH/dok.Freepik)


 



Tags: keluarga,   ayah,   ibu,   usaha,   pendapatan,   uang,   karir,   keuangan








Cover Januari - Februari 2020