Mother&Baby Indonesia
5 Tips Sukses Menyusui Selama Bulan Puasa

5 Tips Sukses Menyusui Selama Bulan Puasa

Ramadhan tinggal sebulan lagi. Saatnya mempersiapkan diri menghadapi puasa sebulan penuh. Nah, saat bulan Ramadhan, terkadang ibu mengalami kesulitan untuk menyusui mengingat dirinya sedang berpuasa juga. Kenapa? karena biasanya  ibu menyusui akan lebih sering merasakan lapar dan haus setelah melakukan aktivitas menyusui.

 

Namun tak perlu cemas, Moms. Anda tetap bisa lho berpuasa dengan lancar meski juga harus tetap menyusui. Bagaimana caranya? Coba ikut  tips berikut seperti dipaparkan konselor ASI, Putri Yulie, pada acara talkshow "Persiapan Menyusui Selama Ramadhan" di Mother&Baby Fair 2017, Balai Kartini, Jakarta, Jumat (28/04).



 

1. Penuhi Asupan Makanan Bergizi
Anda sebaiknya menyiapkan dan mengonsumsi menu sahur dan berbuka yang mengandung zat-zat gizi seperti, sayur hijau, buah dan lauk.

 

2. Pemijatan Payudara Sebelum Memompa atau Menyusui
Sebelum melakukan aktivitas memompa ataupun menyusui, Anda dapat melakukan pemijatan pada area payudara. Dengan begitu, ASI yang menggumpal dapat ikut keluar saat disusui atau dipompa.

 



3. Minum yang Banyak
Minum dengan jumlah yang banyak saat berbuka dan sahur sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh Anda.

 

4. Memompa
Sebagai ibu bekerja maupun ibu rumah tangga, ada baiknya Anda memompa ASI untuk stok malam hari agar aktivitas menyusui keesokan harinya tidakterlalu berat. Pun, Si Kecil dapat diberikan ASIP pada siang hari.

 

5. Jangan Memaksa
Setiap ibu memilki kemampuan berbeda. Jadi jangan memaksakan diri bila kondisi fisik Anda tidak terlalu kuat untuk berpuasa. (Seva/HH/Dok.)



Tags: puasa,   menyusui,   breastfeeding








Cover Maret 2020