Mother&Baby Indonesia
Pilih Pengasuh atau Penitipan Anak, Mana yang Terbaik?

Pilih Pengasuh atau Penitipan Anak, Mana yang Terbaik?

Menjadi ibu bekerja terkadang merasakan dilema. Ya, Anda tentu tidak bisa menemani Si Kecil selama 24 jam setiap hari. Mau tidak mau, Anda harus menitipkannya kepada orang yang Anda percayai. Namun, Anda juga merasa dilema memilih antara memasukkan Si Kecil ke daycare atau mencari pengasuh bayi. Nah, berikut hal-hal yang dapat Anda pertimbangkan sebelum menentukan pilihan, apakah daycare atau nanny.

 

Daycare (Penitipan Anak)
Plus:
Tempat penitipan anak dapat memberikan kesempatan Si Kecil untuk bersosialisasi dengan teman seusianya. Biasanya, daycare juga memiliki jadwal kegiatan sehingga Si Kecil dapat melakukan kegiatan secara sistematis. Si Kecil akan lebih mengerti beberapa arahan yang harus dijalankan dan dapat meningkatkan kedisiplinan dalam diri Si Kecil.



 

Minus:
karena daycare merupakan sarana penitipan anak secara berkelompok, maka guru atau pengasuh yang tersedia tidak dapat fokus untuk satu anak saja. Selain itu, Si Kecil juga rentan sakit karena bila salah satu anak di dalam kelompok tersebut sakit, Si Kecil berisiko tertular.

 

Tips:
Pilihlah daycare dengan cermat. Pastikan kebersihannya terus terjaga dalam setiap ruangan agar tidak mudah tertular virus. Jangan lupa juga untuk memastikan CCTV menyala di  setiap sudut ruangan.

 



Nanny (Pengasuh)
Plus:
Jika Anda mempekerjakan seorang pengasuh, Anda dapat membuat jadwal aktivitas Si Kecil sendiri sesuai keinginan Anda. Pengasuh juga dapat fokus bekerja untuk menjaga Si Kecil selama berada dalam rumah. Anda juga tidak perlu repot merawat Si Kecil ketika sedang bepergian karena pengasuh selalu mengikuti Anda pergi di akhir pekan.

 

Minus:
Anak jadi kurang bersosialisasi dengan teman. Pasalnya, Si Kecil akan selalu bersama pengasuh saja. Di sisi lain, bila Si Kecil sudah terlalu dekat dengan pengasuh, ada kemungkinan ia akan selalu mengikuti perlaku pengasuh baik positif maupun negatif.

 

Tips:
Carilah pengasuh dari yayasan dengan reputasi yang baik. Jika tidak mengambil dari yayasan, pastikan Anda mendapatkan pengasuh dari orang yang dapat dipercaya karena angka kejahatan sekarang sangat tinggi. (KR/Seva/HH/Dok. freepik)

 



Tags: daycare,   babysiter,   nanny








Cover Januari - Februari 2020