Mother&Baby Indonesia
Bingung Pilih Jenis KB yang Tepat? Ini Solusinya!

Bingung Pilih Jenis KB yang Tepat? Ini Solusinya!

Moms, sudahkah Anda menggunakan kontrasepsi setelah kelahiran Si Kecil? Ya, alat KB diperlukan usai melahirkan, di antaranya untuk mencegah kehamilan yang tak diduga atau kesundulan sehingga Anda dapat fokus mengasuh Si Kecil untuk jangka waktu tertentu.

 

Akan tetapi, dengan banyaknya pilihan metode untuk mencegah kehamilan, tidak heran jika beberapa ibu merasa bingung dalam memilih alat kontrasepsi yang tepat. Selain itu, menurut Prof. Dr. dr. Biran Affandi, SpOG(K), FAMM, ada beberapa faktor yang membuat ibu enggan menggunakan kontrasepsi, seperti takut efek samping atau mendengar mitos tentang alat kontrasepsi tersebut.



 

"Efek samping memang bisa terjadi, tapi belum tentu akan terjadi pada Anda. Kalau Anda merasa terkena efek samping, Anda bisa memeriksakannya ke dokter," ujar guru besar ilmu obstetri dan ginekolog Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia itu, saat ditemui di acara peluncuran website Bicarakontrasepsi.com pada Selasa (25/4) di Jakarta.

 

Untuk itu, prof Biran mengatakan pentingnya komunikasi, informasi, dan edukasi mengenai alat kontrasepsi ini. Beberapa cara untuk mendapatkan informasi adalah lewat tenaga medis atau mencarinya sendiri di dunia maya.

 

Moms yang masih bingung bisa mengunjungi website bicarakontrasepsi.com. Situs ini adalah bentuk kerjasama antara Bayer, BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional), POGI (Persatuan Obstetri dan Ginekologi Indonesia), APCOC (Asia Pacific Council and Contraception), dan IBI (Ikatan Bidan Indonesia).

 



Karena ulasan dalam situs berasal dari pakar ginekolog, Anda tidak perlu khawatir dengan kebenarannya. Selain membahan jenis kontrasepsi dan efek sampingnya, situs ini menjelaskan tentang mitos-mitos yang beredar seputar alat kontrasepi.

 

Dengan adanya situs ini, para ibu diharapkan sudah memiliki pengetahuan dasar tentang kontrasepsi dan dapat mendapatkan konsultasi lebih lanjut dari dokter atau bidan. Perencanaan kehamilan dibutuhkan untuk mengurangi komplikasi kesehatan pada ibu dan menurunkan tingkat kematian bayi. Yuk, mulai mempelajari tentang kontrasepsi Moms.(Nadia/HH/Dok. M&B UK)

BACA JUGA:

Benarkah KB Suntik Sebabkan Rahim Kering?

Suntik KB Membuat Badan Gemuk

Minimnya Penggunaan Kontrasepsi Picu Aborsi?

 



Tags: kontrasepsi,   situs,   info








Cover Januari - Februari 2020