Mother&Baby Indonesia
Kapan Waktu yang Tepat untuk Sarapan?

Kapan Waktu yang Tepat untuk Sarapan?

Moms, apakah Anda dan keluarga terbiasa dengan rutinitas sarapan? Selain sebagai salah satu waktu berkumpul untuk keluarga, sarapan juga memiliki banyak manfaat lho.


Baca juga: 5 Manfaat Sarapan yang Perlu Ibu Ketahui!




Namun, adakah waktu yang paling tepat untuk sarapan? Menurut Ketua Umum Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan (Pergizi Pangan) Indonesia, Prof Dr. Hardiansyah MS, ternyata waktu yang tepat adalah sekitar setengah jam setelah bangun tidur.


“Ini karena tubuh kita perlu waktu untuk relaksasi terlebih dahulu,” jelas Prof Hardinsyah saat ditemui di konferensi pers Pendidikan Sarapan Sehat di Jakarta pada Senin (10/4). Rutinitas yang biasa dilakukan orang setelah bangun tidur adalah pergi ke kamar mandi, mandi, dan dilanjutkan dengan sarapan.


Walaupun demikian, Prof Hardin menambahkan bahwa waktu tersebut bisa bervariasi bagi tiap individu, tergantung pada kesibukannya. Seperti orang yang tinggal di kota metropolitan seperti Jakarta, dimana banyak yang sudah berangkat ke kantor pada jam 5 atau 6 pagi.


“Batas toleransinya adalah 1 jam setelah melakukan aktivitas, karena tubuh masih memiliki sisa glukosa dari hari sebelumnya. Setelah itu, glukosa akan menurun secara signifikan,” ujar Prof. Hardin.



 

Ia juga mengingatkan untuk selalu sarapan walaupun tidak sempat melakukannya di rumah. “Luangkan waktu untuk sarapan baik di dalam mobil selama perjalanan atau setelah sampai di kantor.” (Nadia/HH/Dok. Pixabay.com)


 


 



Tags: sarapan








Cover Januari - Februari 2020