Mother&Baby Indonesia
Menari Dapat Menghindarkan Anda Dari Efek Penuaan

Menari Dapat Menghindarkan Anda Dari Efek Penuaan

Menari tidak hanya menyenangkan, akan tetapi juga bermanfaat bagi otak Anda. Ya, sebuah studi baru menunjukkan bahwa menari yang dilakukan oleh orang diatas usia 40 tahun, dapat melindungi otak dari penuaan.


Menurut sebuah studi baru oleh University of Illinois, yang diterbitkan bulan lalu dalam jurnal Frontiers di Aging Neuroscience, menari memiliki efek antipenuaan unik pada otak disamping olahraga ringan lainnya, seperti jogging.



 

Peneliti mempelajari hampir 200 orang berusia antara 60-an dan 70-an. Para peneliti kemudian secara acak membagi relawan menjadi kelompok-kelompok, meminta mereka untuk melakukan salah satu dari tiga kegiatan: berjalan pada kecepatan yang cepat tiga kali per minggu; melakukan peregangan dan latihan keseimbangan; dan belajar menari.




Setelah enam bulan melakukan kegiatan tersebut, otak para relawan diuji lagi. Hasilnya, para penari ini memiliki kemampuan yang selangkah lebih maju dari orang yang lain. Bahkan pada tes kognitifnya, relawan yang menari memiliki nilai lebih unggul dibandingkan 6 bulan sebelumnya. (Seva/HH/Dok. freepik)


 



Tags: menari,   olahraga,   usia lanjut








Cover Januari - Februari 2020