Mother&Baby Indonesia
Kenali Pencegahan dan Pengobatan Cacar Air pada Anak

Kenali Pencegahan dan Pengobatan Cacar Air pada Anak

Moms, apakah Si Kecil pernah mengalami cacar air? Penyakit yang disebabkan oleh virus varicella zoster ini umumnya ditandai dengan kemunculan ruam pada kulit sebagai gejala utamanya. Ruam tersebut akan berubah menjadi bintil merah berisi cairan yang terasa gatal yang kemudian akan mengering dalam waktu 14 hari atau lebih.

 

Pencegahan
Untuk meminimalisasi penularan kepada anggota keluarga atau teman, pastikan Si Kecil di berikan vaksin varisela pada rentang usia 12-15 bulan dan diulangi lagi pada rentang usia 4-6 tahun. Di Indonesia sendiri, cacar air tidak termasuk dalam daftar imunisasi wajib untuk anak, tapi tetap dianjurkan. Vaksin varisela mencapai tingkat keefektifan sebesar 70-80 persen dalam mencegah timbulnya gejala ringan dan 95 persen efektif dalam mencegah timbulnya infeksi ringan maupun yang berat. Meski demikian, bukan berarti Si Kecil terbebas sama sekali dari penyakit cacar air. Ia masih bisa tertular, namun gejala yang dialaminya tidak akan terlalu berat.



 



Pengobatan Cacar Air
Biasanya Si Kecil akan diberikan paracetamol untuk mengatasi demamnya. Untuk mengurangi rasa gatal, atasi dengan losion kalamin. Antihistamin oral juga dapat membantu. Bila bintiknya sudah mulai mengering dan perlahan menghilang, Si Kecil dapat mandi menggunakan air yang yang dicampur dengan soda bikarbonat. (Seva/HH/Dok. M&B UK)



Tags: cacar air,   pencegahan,   penularan,   penyakit,   balita,   anak,   varisela