Mother&Baby Indonesia
Kenali Penyebab dan Gejala Cacar Air Pada Anak

Kenali Penyebab dan Gejala Cacar Air Pada Anak

Moms, pada kulit Si Kecil muncul bintik merah, demam, sakit perut, radang tenggorokan, dan mual? Boleh jadi, ia mengalami cacar air.  Cacar air adalah infefeksi oleh virus yang bisa menjangkiti pada Si Kecil berusia di bawah 10-12 tahun. Secara medis, penyakit ini disebut dengan varisella. Pada umumnya memang diderita oleh anak kecil, namun tidak menutup kemungkinan orang dewasa juga dapat terjangkit, tapi gejala yang muncul lebih berat daripada anak-anak.

 

Penyebab Cacar Air
Cacar air disebabkan oleh virus varicella-zoster. Penyakit ini dapat mudah sekali menular, bila terjadi kontak langsung dengan kulit atau seseorang menghirup udara yang terkontaminasi oleh virus varicella, maka akan segera menderita cacar air.



 

Gejala Cacar Air
Sebelum bintik merah terjangkit pada kulit, penderita akan mengalami demam, sakit perut, radang tenggorokan, dan mual ringan. Gejala tersebut masih lebih ringan dibandingkan  gejala yang muncul pada orang dewasa. Pada anak-anak, kemungkinan komplikasi yang terjadi adalah infeksi varisela pada kulit. Bila Si Kecil menderita cacar air, jangan sampai Si Kecil menggaruk-garuk  bintik merah tersebut. Soalnya, selain bisa menyebabkan infeksi, bekasnya nanti tidak bisa hilang. Anda dapat memotong kukunya untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.



 

Penderita cacar air sebaiknya diisolasi karena tingkat penularannya sangat tinggi, terutama saat proses pengeringan. Bila di rumah sedang ada bayi atau ibu hamil, sebaiknya jauhkan dari penderita, minimal 21-28 hari. (Seva/HH/Dok. M&B UK)
 



Tags: cacar air,   penyakit kulit,   kesehatan,   balita,   anak










Cover Mei-Juni-Juli 2020