Mother&Baby Indonesia
5 Makanan Ini dapat Cegah Kanker Serviks

5 Makanan Ini dapat Cegah Kanker Serviks

Saat ini, kanker serviks menjadi momok yang paling menakutkan bagi perempuan. Untuk mencegah kanker ini, mengubah gaya hidup sehat dan melakukan vaksinasi Human Papillomavirus (HPV) adalah hal yang sangat penting.


Tak hanya itu, ternyata mengonsumsi makanan sehat juga dapat mencegah kanker serviks lho, Moms. Kabarnya, risiko perempuan terkena kanker serviks bisa turun dengan mengonsumsi 5 porsi sayur dan buah setiap harinya.



Nah, berikut ini 5 makanan yang wajib Anda konsumsi!


1. Wortel
Bagi Anda yang tidak suka mengonsumsi wortel, sebaiknya ubah kebiasaan itu mulai sekarang. Sayuran berwarna oranye cerah ini ternyata dapat mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker serviks, lho. Selain itu, wortel kaya vitamin A yang membuat mata jadi lebih sehat.


2. Teh Hijau
Teh hijau alias green tea memiliki sejuta manfaat. Teh yang sangat populer di Asia ini kaya akan antioksidan sehingga baik dikonsumsi untuk kecantikan dan kesehatan tubuh. Di dalamnya terdapat zat yang disebut polifenol yang bisa membantu pembelahan sel kanker. Dan, ternyata tidak hanya efektif untuk mencegah kanker serviks saja, tetapi hampir semua jenis kanker.


3. Kacang
Kacang-kacangan kaya akan serat dan protein yang bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel di dalam tubuh. Kacang juga mengandung phytochemical untuk menghambat pertumbuhan tumor dan melindungi sel sehat agar tak bermutasi menjadi kanker serviks. Kacang termasuk makanan yang mudah dijumpai sehari-hari. Karena itu, jangan lupa memasukkannya dalam daftar menu sehari-hari ya, Moms!


4. Selada
Kabar baik nih buat Moms yang doyan mengonsumsi salad dan burger. Selada yang sering disajikan dalam bentuk salad ternyata punya khasiat yang baik untuk kesehatan. Sayuran berwarna hijau ini mengandung zat flavonoid yang bisa menghambat pertumbuhan sel kanker, termasuk kanker serviks.


5. Whole wheat bread
Saat membeli roti gandum, pastikan berlabel whole wheat ya, Moms. Kenapa? karena whole wheat bread alias roti gandum utuh mengandung semua bagian asli gandum yang tinggi nutrisi seperti serat, vitamin B, fitonutrien, lemak baik dan mineral. Nah, nutrisi-nutrisi itu bermanfaat untuk membantu melawan penyakit kronis seperti kanker serviks.


Kelima makanan di atas sebenarnya sangat mudah dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, sehingga tak ada alasan bagi Anda untuk tidak mengonsumsinya. Nah, supaya lebih sehat, sayuran seperti wortel, kacang-kacangan dan selada sebaiknya dihidangkan dalam bentuk rebusan ketimbang ditumis atau digoreng dengan minyak.
Stay healthy, Moms!
(Meiskhe/HH/dok.Freepik)



BACA JUGA:

Deteksi Dini Kanker Serviks

Fakta: Kanker Serviks Dapat Dicegah 100 Persen

Kanker Serviks Bukan Penyakit Turunan


 


 



Tags: kesehatan,   nutrisi,   makanan,   sayur,   buah,   kanker,   serviks,   perempuan,   ibu,   rahim,   penyakit










Cover April 2020