Mother&Baby Indonesia
Riset: Makan Buah Setiap Hari, Turunkan Risiko Diabetes

Riset: Makan Buah Setiap Hari, Turunkan Risiko Diabetes

Ada sebagian orang yang bilang bahwa penderita diabetes dilarang makan buah-buahan karena mengandung rasa manis yang dapat memperparah kadar gula darah dalam tubuhnya. Padahal, makan buah sangat penting untuk kesehatan lho, Moms!


Menurut para peneliti di Oxford University, makan buah segar setiap hari justru membantu menurunkan risiko diabetes karena mengandung serat dan vitamin konten yang tinggi.




Setelah memantau hampir 500.000 orang selama tujuh tahun, tim tersebut menemukan bahwa mereka yang makan buah setiap hari memiliki peluang 12% lebih rendah mengalami peningkatan kadar gula darah dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi buah.


"Temuan ini menunjukkan bahwa asupan tinggi buah segar berpotensi bermanfaat bagi pencegahan primer dan sekunder bagi penderita diabetes," ujar Dr Huaidong Du, penulis studi tersebut.




Menanggapi hasil tersebut, Dr Emily Burns dari Diabetes UK, mengatakan kepada Mail Online bahwa makan buah segar memiliki banyak manfaat kesehatan. Jadi, bila ada yang berpendapat bahwa orang yang mengalami diabetes dilarang makan buah karena rasa manis, itu adalah mitos, ya.


Jenis gula dalam buah sangat berbeda dibandingkan gula tambahan yang dijual. Itu yang harus dihindari. Makan diet seimbang dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayuran sangat bermanfaat bagi kesehatan, terutama untuk mencegah diabetes tipe 2,” ujar Dr Emily Burns. (Seva/HH/Dok. freepik)


 



Tags: buah,   diabetes,   kesehatan,   health








Cover Januari - Februari 2020