Mother&Baby Indonesia
Riset Baru: Pria Kurang Tidur Berisiko Kanker Prostat

Riset Baru: Pria Kurang Tidur Berisiko Kanker Prostat

Dads, sudah cukupkah jam tidur Anda setiap malam? Ternyata, memiliki waktu tidur yang cukup tidak hanya membuat Anda merasa tidak mengantuk, tapi juga bermanfaat bagi kesehatan.


Para peneliti di American Cancer Society mempelajari pola tidur pria. Hasil studi menunjukkan, pria berusia kurang dari 65 tahun yang tidur antara 3 - 5 jam per malam berisiko 55% lebih besar meninggal akibat kanker prostat dibandingkan para pria yang tidur 7 jam setiap malam. Sedangkan, pria yang tidur selama 6 jam, berisiko 29% lebih tinggi mengalami kematian akibat kanker prostat, dibandingkan pria yang tidur selama 7 jam setiap malamnya.



 

“Jika dikonfirmasi dengan studi lain, temuan ini akan memberikan kontribusi untuk bukti yang menunjukkan pentingnya memeroleh tidur yang cukup untuk kesehatan yang lebih baik,” ujar penulis utama studi Dr Susan Gapstur, Wakil Presiden Epidemiologi di American Cancer Society.



 

Menurut Dr Susan Gapstur, kurangnya waktu tidur dapat mematikan gen yang melindungi tubuh terhadap kanker. Penelitian terakhir juga menemukan bahwa tidak beristirahat dapat menghambat produksi melatonin (hormon yang mengontrol siklus tidur). Rendahnya tingkat melatonin dapat menyebabkan peningkatan genetik dan membuat sistem kekebalan tubuh lemah.


Nah, Dads ayo segera perbaiki kualitas tidur Anda untuk mendapatkan kualitas kehidupan yang lebih baik! (Seva/HH/Dok. freepik)



Tags: kanker prostat,   tidur,   kesehatan,   ayah