Mother&Baby Indonesia
Asah Keterampilan Sosial Anak, Penuhi Asupan Gizinya

Asah Keterampilan Sosial Anak, Penuhi Asupan Gizinya

Setiap orang tua tentu ingin buah hatinya kelak dapat mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapinya. Karena itu, Moms perlu membekali Si Kecil dengan keterampilan sosial sejak dini.


Ya, keterampilan sosial sangat penting dimiliki setiap anak. Dengan keterampilan ini, anak akan lebih mudah diterima oleh siapapun di lingkungannya. Ia akan lebih mampu menyelesaikan masalah dengan orang lain, mampu mengasah berbagai keterampilan hidup dan membantu mengurangi berbagai kesulitan di sekolah.




Tentunya manfaat tersebut akan membuat Si Kecil tambah semangat bersekolah, sehingga prestasinya pun meningkat. Secara keseluruhan, anak akan mampu menikmati hidupnya dan merasa lebih bahagia.

 

Dalam Acara Kampanye 'Lengkapi Nutrisinya, Jadikan Dunia Sahabatnya' oleh SGM Eksplor, Anna Surti Ariani, M.Psi, Psi, Psikolog Anak dan Keluarga mengungkapkan bahwa ada beberapa keterampilan sosial yang perlu dikuasai anak, seperti berteman, bekerja sama, menyelesaikan pertengkaran, peduli terhadap yang sakit atau kekurangan, marah tanpa mengganggu orang lain, sabar menunggu dan mengikuti aturan. Keterampilan ini dapat diperoleh melalui permainan yang melibatkan orang lain di dalamnya.

 

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Elizabeth Prado dan Kathryn Dewey dari Departemen Nutrisi Universitas California, status nutrisi berkaitan dengan perkembangan sosio-emosional anak. Dengan demikian, pemenuhan nutrisi yang tepat dan lengkap turut berpengaruh pada keterampilan sosial Si Kecil.



 

Sehubungan dengan hal tersebut, dr. Dian Permatasari, M.Gizi, SpGK, Dokter Spesialis Gizi Klinik mengingatkan orangtua untuk memenuhi kebutuhan niturisi anak dengan tepat agar tumbuh kembangnya dapat berjalan optimal sesuai perkembangan usia.

 

Dengan terpenuhinya nutrisi, anak akan tumbuh dengan sehat dan mampu beraktivitas dengan baik, sehingga berpotensi memiliki keterampilan sosial yang lebih baik dibanding anak yang tidak cukup nutrisi. (Claudia Carla Sonia Septiara/HH/Dok. Freedigitalphotos.net)


 


 



Tags: tumbuhkembang,   nutrisi,   balita








Cover Maret 2020