Mother&Baby Indonesia
7  Tata Krama Dasar yang Wajib Dimiliki Si Batita

7 Tata Krama Dasar yang Wajib Dimiliki Si Batita

Moms, sejak bayi Si Kecil sudah dapat dikenalkan dengan etiket. Saat usianya di atas 1 tahun dan sudah bisa diajak berkomunikasi 2 arah, sedikit demi sedikit ajarkan anak tentang tata krama. Cara paling mudah untuk mengajarkan tentu saja dengan memberi contoh. Moms, disarankan mengajarkan etiket ini secara perlahan. Beberapa perilaku dapat ditoleransi dengan tetap memberi penegasan tentang boleh atau tidaknya hal tersebut dilakukan di kemudian hari.

Nah, apa saja tata krama yang perlu diajarkan kepada Si Kecil sejak usia batita?

 



1. Mengatakan tolong dan terima kasih
Dua kata ini merupakan hal mendasar dalam melatih etiket kepada Si Kecil. Anda bisa mulai melatih Si Kecil menggunakan kata-kata tersebut saat berusia 1 tahun. Bisa jadi Si Batita belum menyadari bahwa orang merasa dihargai ketika ia mengatakan tolong dan terima kasih, namun lambat-laun ia akan memahaminya.


2. Makan bersama
Makan bersama menjadi saat yang tepat untuk mengajarkan etiket makan maupun menunjukkan perilaku penting di meja makan. Misalnya saja, menawarkan Si Kecil air minum sebelum Anda mengisi gelas sendiri.


3. Jauhkan tangan dari alat kelamin
Salah satu eksplorasi yang dilakukan batita adalah bermain dengan organ genitalnya. Nah, kalau Anda melihatnya melakukan itu, alihkan dengan mengajaknya beraktivitas lain.




4. Tutupi bagian pribadi
Biasanya sehabis mandi Si Kecil berlari-lari dalam keadaan tidak berpakain. Latih Si Kecil untuk selalu menutupi tubuh terutama area pribadi, walaupun di rumah sekalipun ya Moms. Minta ia memakai handuk setelah selesai mandi, setelah badannya kering langsung pakaikan baju.

 

Untuk mengetahui 7 tata krama dasar yang wajib dimiliki batita secara lengkap , yuk baca majalah Mother&Baby edisi April 2017 ya, Moms! (Meiskhe/HH/dok.Freepik)



Tags: bayi,   batita,   balita,   etiket,   tata_krama,   tips,   sopan,   komunitas,   sosial,   orangtua,   terima_kasih,   to










Cover April 2020