Mother&Baby Indonesia
Yuk, Ajak Si Kecil Belajar Menabung!

Yuk, Ajak Si Kecil Belajar Menabung!

Menabung sebaiknya diajarkan sejak dini pada Si Kecil. Ya, mengajarkan Si Kecil menabung dapat mendidiknya menjadi lebih bertanggung jawab, berhemat serta bisa belajar untuk memenuhi kebutuhannya sendiri kelak di kemudian hari. Oleh karena itu, menabung perlu diajarkan sejak kecil agar karakter anak bisa terbentuk dan menghindari perilaku konsumtif. Berikut beberapa cara agar si Kecil gemar menabung:

 

1. Belikan Celengan Lucu
Agar kegiatan menabung lebih seru, ajak si Kecil memilih celengan yang ia suka. Anda dapat memberikan celengan kesukaannya seperti celengan bergambar Rapunzel, Superman dan beberapa tokoh kartun kesukaannya. Si Kecil akan semakin semangat menabung!



 

2. Menentukan Prioritas dan Tujuan
Kenalkan Si Kecil dengan kebutuhan dan keinginan. Ajarkan bahwa kebutuhan adalah prioritas utama yang harus dibeli bila tabungan sudah mencukupi. Misalnya, Si Kecil lebih membutuhkan buku sekolah dibanding mainan. Maka belilah buku sekolah. Selain prioritas, Si Kecil juga diajarkan untuk menentukan tujuan menabung. Misal, ia ingin membeli mainan, maka cek harganya dan hitung berapa jumlah uang yang perlu ditabung. Dengan kegiatan ini, Si Kecil akan mengerti bahwa untuk mendapatkan sesuatu, seseorang harus berusaha.




3. Mulai Berhemat
Ajarkan si Kecil untuk mengelola keuangan agar tidak terlalu boros. Berikan Si Kecil pengertian kalau uang Anda berikan, harus terbagi menjadi dua, yaitu 50% digunakan untuk keperluan utama dan sisanya untuk ditabung.

 

4. Berikan Contoh
Anda adalah role model bagi Si Kecil, maka menabunglah bersama si Kecil. Bila nanti uang sudah terkumpul, ajak Si Kecil untuk membeli barang yang ia impikan. Selamat menabung bersama si Kecil ya, Moms! (Seva/HH/Dok. M&B UK)



Tags: menabung,   tabungan,   balita,   anak










Cover Mei-Juni-Juli 2020