Mother&Baby Indonesia
Kegiatan Seru Kakak dan Adik, Ciptakan Bonding

Kegiatan Seru Kakak dan Adik, Ciptakan Bonding

Dikaruniai “sepasang” anak tentu membuat Anda dan pasangan merasa senang. Lengkaplah sudah ketika anak kedua lahir. Namun sayangnya, kehadiran bayi ini membuat sang kakak sedikit cemburu. Pasalnya, akan banyak orang yang lebih memerhatikan sang adik.


Anda tidak perlu khawatir. Mengajak kakak untuk terlibat bersama adik yang baru lahir menjadi salah satu cara alternatif agar ia tidak merasa terabaikan. Nah, Anda dapat juga mengajak mereka bermain bersama, seperti permainan di bawah ini:



 

Usia 0-3 bulan
a. Tampilkan Wajah Lucu

Minta sang kakak menunjukkan wajah yang lucu di hadapan sang adik, atau mengeluarkan kata-kata lucu, seperti “bip bip bip atau Hop!” Senyuman adik dapat membuat kakak senang karena dapat menghibur sang adik. Kakak juga dapat menjulurkan lidah sehingga membuat adik menirunya lho, Moms!


b. Dongeng
Meskipun bayi yang baru lahir tidak bisa bicara, akan tetapi penting bagi otak untuk mendengar banyak kata-kata, misalnya dengan mendengarkan cerita. Bayi juga tertarik terhadap visualisasi yang kontras. Maka penting untuk menghadirkan buku dengan gambar yang besar dan warna-warni. Anda dapat meminta kakak untuk membacakan buku cerita dengan menunjukkan beberapa gambar sehingga adik tertarik untuk melihat isi buku.


Usia 3-6 bulan
a. Merayap

Setelah adik bisa tengkurap selama beberapa menit, ajaklah kakak untuk menempatkan mainan di depannya agar ia menggapainya. Ketika berhasil menggapainya, sang kakak bisa berucap “Hore, adik berhasil!”.


b. Mengobrol
Saat adik mulai bisa bubbling, mintalah sang kakak untuk mengajaknya berbicara. Ini dapat menjadi kegiatan yang menarik karena adik akan mengeluarkan kata-kata yang lucu.




Usia 6-9 bulan
a. Menari

Perdengarkan lagu dan mulailah menari! Kakak akan senang bila adik mulai bisa menari bersama. Jangan lupa ajak juga bernyanyi bersama ya, Moms!


b. Bermain Musik
Biarkan adik memegang sendok dan kakak memegang panci. Ajarkan adik untuk memukul panci sehingga menghasilkan suara. Memang agak berisik, namun ini menjadi aktivitas seru untuk bermain musik dan mengenalkan suara pada adik.


Usia 9-12 bulan
Jalan-jalan
Saatnya adik mulai berjalan. Ajak kakak untuk berjalan-jalan sambil menggandeng tangan adik setiap pagi. Kegiatan ini juga dapat menciptakan bonding antara mereka berdua lho, Moms! (Seva/HH/Dok. M&B UK)


 


 



Tags: kakak dan adik,   aktivitas,   bermain










Cover Mei-Juni-Juli 2020