Mother&Baby Indonesia
5 Trik Jitu agar Si Kecil Tak Takut Disuntik

5 Trik Jitu agar Si Kecil Tak Takut Disuntik

Umumnya, anak-anak takut dengan jarum suntik. Melihat jarum suntik saja, Si Kecil akan menangis.  Apalagi kalau benar-benar akan disuntik. Padahal selama masa kanak-kanak, Si Kecil mungkin akan berhadapan dengan jarum suntik puluhan kali. Oleh karena itu, Anda perlu kiat-kiat khusus agar Si Kecil tidak takut ataupun trauma disuntik.
Berikut beberapa trik yang bisa Anda lakukan:

 

1. Alihkan perhatiannya
Saat akan disuntik, coba alihkan perhatian Si Kecil dengan memberinya mainan baru, menunjuk gambar di dinding, menyanyikan ABC, berbuat hal lucu dan membuat bubble.




2. Batuk
Menurut ahli ternyata meminta Si Kecil batuk sebelum dan saat vaksinasi dapat meringankan rasa nyeri karena suntik. Beberapa tenaga kesehatan juga membuat trik dengan meminta balita berpura-pura meniup lilin ulang tahun ketika disuntik.


3. Memberi makanan manis
Memberi makanan manis seperti permen kepada Si Kecil sebelum disuntik diyakini dapat membuat Si Kecil tidak menangis ketika disuntik.




4. Menonton film kartun
Beberapa rumah sakit di luar negeri menyediakan fasilitas televisi agar Si Kecil dapat menonton kartun saat diimunisasi. Menonton film kartun dipercaya dapat mengurangi stres kecil selama imunisasi.


5. Berikan empeng atau dot
Penelitian menyebutkan bahwa dot dapat mengurangi rasa sakit bayi jika digunakan sebelum, selama maupun sesudah vaksinasi. (Meiskhe/HH/dok.Health.com)



Tags: bayi,   balita,   imunisasi,   vaksinasi,   suntik,   jarum,   ketakutan,   menangis,   kesehatan,   trik,   cara








Cover Januari - Februari 2020