Mother&Baby Indonesia
5 Cara Mudah Mendidik Sopan Santun Pada Anak Sejak Dini

5 Cara Mudah Mendidik Sopan Santun Pada Anak Sejak Dini

Tak terasa ya Moms, Si Kecil semakin pintar dan dapat berinteraksi dengan lingkungannya. Bisa jadi, ini adalah saat yang tepat bagi Anda untuk mengajarkan Si Kecil mengenai sopan santun, atau sekadar berjabat tangan dengan orang yang lebih tua.


 



Para ahli dan psikolog anak sepakat bahwa anak-anak belajar melalui role model. Oleh karena itu, mengajarkan kebiasaan tersebut akan lebih baik jika dimulai sejak dini lewat contoh. Berikut beberapa tindakan yang bisa Anda ajarkan dan biasakan pada Si Kecil.


 

1. Hello dan Goodbye
Meskipun Si Kecil belum bisa berbicara secara jelas, mengajarkan Si Kecil untuk memberikan gestur 'halo' dan 'selamat tinggal' menggunakan tangan menjadi cara yang tepat. Menurut Sherly Eberly, penulis buku 365 Manners Kids Should Know, hal ini adalah langkah pertama dalam mengajarkan Si Kecil bagaimana mengenali dan menyapa orang. "Salah satu cara untuk berlatih adalah dengan mengatakan selamat pagi kepada orang lain setiap hari," tambahnya.


 

2. Duduk Saat Makan
Lebih baik membiasakan Si Kecil untuk tetap duduk saat makan daripada membiarkannya makan sambil berjalan atau berlari tak tentu arah. Anda dapat menyiapkan highchair atau booster seat yang nyaman, agar Si Kecil tidak bosan berada di tempat tersebut. Anda juga dapat mengajaknya makan bersama dengan duduk bersama didekatnya, agar ia dapat meniru Anda menggunakan sendok saat makan.




 

3. Mengucapkan 'Terima kasih'
Si Kecil dapat diajarkan mengucapkan 'terima kasih' saat Anda memberikan barang yang ia minta. Misal, Anda memberikan sendok yang akan digunakan saat makan. Setelah Anda memberikannya, mintalah ia untuk mengucapkan terima kasih. Anda juga harus mempraktekan pengucapan terima kasih dalam kehidupan sehari-hari agar Si Kecil dapat menirunya.


 

4. Memberi Salam
Memberi salam terhadap orang yang lebih tua dengan mencium tangannya adalah bentuk penghormatan. Anda dapat mengajarkannya ketika Si Kecil berusia 6-7 bulan, saat ia sudah dapat mengangkat tangannya. Anda dapat membiasakannya ketika Si Kecil bertemu dengan teman ataupun saudara Anda dengan menjulurkan tangan kanannya ketika pertama bertemu.


 

5. Tata Krama di Meja Makan
Ketika Si Kecil menginjak usia 3 tahun, ia sudah mulai mahir menggunakan peralatan makan saat makan bersama. Ajarkan bahwa makan harus dengan mulut tertutup dan tidak berbicara ketika mulut sedang penuh dengan makanan. Anda akan bangga ketika Si Kecil sudah terbiasa dengan hal ini. Memang membutuhkan waktu, Anda juga harus sabar mengajarkannya. (Seva/HH/Dok. freepik)



Tags: sopan santun,   balita,   toddler








Cover Januari - Februari 2020