Mother&Baby Indonesia
Waspada! Buah Anggur Berisiko Bikin Anak Tersedak

Waspada! Buah Anggur Berisiko Bikin Anak Tersedak

Seorang ibu, Angela Henderson, memposting hasil pemeriksaan X-ray anaknya pada halaman Facebook. Tujuannya, ia berupaya memperingatkan orang tua lain untuk memotong makanan seperti anggur dan tomat sebelum dikonsumsi Si Kecil.


“Anak saya sangat beruntung karena jalan pernapasannya terbuka. Bila tidak, kejadian ini bisa berakhir buruk,” tulis Angela. “Harap berhati-hati bahwa tidak semua anak mengunyah makanan mereka. Kadang mereka terburu-buru saat makan di sekolah agar masih mendapat waktu untuk bermain,” tambahnya.




Sebagai informasi, ada sekitar 2.500 anak-anak berusia di bawah sembilan tahun dirawat di rumah sakit setiap tahun. Penyebabnya, ada benda asing yang bersarang di tenggorokannya. Bahkan, Australian Bureau of Statistics mencatat, sekitar 30 anak meninggal setiap tahun dari sesak napas dan tersedak.


Menurut U.S. and Canadian research, anggur, hotdog dan permen adalah ketiga makanan yang sering membuat anak tersedak. Beberapa dokter mengungkapkan, anggur menjadi salah satu makanan yang paling sering membuat anak tersedak. Pasalnya, tekstur anggur yang halus, sehingga mudah tergelincir saat tertelan dan tersangkut di tenggorokan sehingga sulit dihilangkan.




Karena itu, orangtua harus selalu waspada dengan makanan yang akan dimakan Si Kecil. Tidak ada salahnya Anda memotong-motong anggur menjadi bagian lebih kecil sehingga anak tidak mudah tersedak. (Seva/HH/Dok. dailymail)


 



Tags: anak,   tersedak,   balita,   anggur








Cover Januari - Februari 2020