Mother&Baby Indonesia
5 Manfaat Membacakan Buku Cerita Untuk Bayi

5 Manfaat Membacakan Buku Cerita Untuk Bayi

Buku adalah jendela dunia. Ya, istilah ini menggambarkan betapa buku memberi manfaat yang luar biasa. Seseorang bisa mendapatkan informasi, wawasan baru, bahkan ilmu dan pengetahuan yang ada di dunia ini dari sebuah buku.

 



Nah Moms, buku memang sebaiknya dikenalkan pada anak sejak kecil. Sebenarnya, tidak ada istilah terlalu dini untuk membacakan buku cerita kepada Si Kecil. Bahkan Anda dapat membacakannya sejak ia masih newborn atau bayi baru lahir.


Ada banyak manfaat yang akan didapat dengan membacakan buku cerita, seperti berikut ini:


1. Menciptakan Bonding
“Membacakan buku untuk newborn adalah aktivitas yang dapat Anda lakukan untuk menciptakan bonding dengannya,” ujar Mary Ann Abrams, MD, Reach Out and Read's Medical Director. “Suara Anda saat membacakan buku, dapat menenangkan bayi baru lahir ini,” tambahnya. Kegiatan membacakan buku cerita juga dapat dilakukan Ayah agar lebih dekat dengan newborn.


2. Persiapan Si Kecil Membaca Buku

Walaupun Si Kecil belum mengerti secara keseluruhan tentang apa yang Anda bacakan, ia dapat mengingat irama, dan nada suara Anda,” ujar Kenneth Wible, MD, hildren's Mercy Hospitals and Clinics di Kansas. Semakin banyak kata yang Anda paparkan akan membuat Si Kecil semakin siap untuk membaca buku sendiri.


3. Meningkatkan Kecerdasan
Studi menunjukkan bahwa anak yang sering dibacakan cerita sejak newborn, memiliki kosakata yang lebih banyak, serta kemampuan matematika yang melebihi anak seusianya. Satu studi juga mengemukakan, orangtua yang sering mengajak Si Kecil berbicara akan memiliki nilai di atas nilai rata-rata saat Si Kecil menginjak usia 3 tahun.




4. Mengenal Ragam Emosi
Si Kecil akan merasa terhanyut dalam cerita yang Anda bacakan bila dalam cerita tersebut terdapat perbedaan karakter dan emosi. Cara membedakannya dapat melalui suara, Si Kecil dapat mempelajari beberapa emosi dalam cerita yang Anda bacakan.


5. Mengasah Cinta Membaca
Jadikan itu bagian dari rutinitas keluarga Anda dengan mengajari Si Kecil bahwa membaca adalah sesuatu yang bisa dinikmati, bukan tugas yang perlu dilakukan saat sekolah nanti. Sikap itu akan menumbuhkan cinta membaca yang akan membawanya sampai dewasa.

Nah, bagaimana dengan Anda, apa buku cerita yang dikenalkan pada Si Kecil? (Seva/HH/Dok.Fisher Price)

BACA JUGA:

Bolehkah Membacakan Cerita dari E-Book?

Kelly Clarkson Menulis Buku Cerita Anak

Bolehkah Balita Belajar Baca Tulis



Tags: baca,   dongeng,   buku,   newborn








Cover Maret 2020