Mother&Baby Indonesia
Cara Mudah Membiasakan Bayi Tidur Teratur

Cara Mudah Membiasakan Bayi Tidur Teratur

Si Kecil sering terbangun tengah malam lalu mengajak Moms bermain? Ya, pola tidur bayi umumnya belum bisa teratur. Akan tetapi, jangan khawatir Moms. Ada solusi yang bisa Anda coba. 

 

Gradual Retreat adalah satu cara termudah dan paling efektif untuk membantu bayi belajar mengatur dirinya sendiri untuk tidur. Metode ini secara bertahap dan menenangkan mengurangi keterlibatan Moms dan Dads saat bayi akan tidur sehingga ia tidak akan tergantung lagi pada Anda.



 

Dengan mengurangi kontak dan menambah jarak antara Moms serta Si Kecil secara perlahan, ia akan belajar bahwa saat terbangun Anda tetap ada untuknya.  Tetapi pada akhirnya, ia akan mengatur dirinya sendiri. Menariknya, waktu yang dibutuhkan untuk membentuk kebiasaan tersebut relatif tidak lama.

 

Hari 1-2
Mengajarkan Si Kecil perbedaan siang dan malam. Menurut John Herman, Ph.D., Sleep Disorders Center, Children's Medical Center of Dallas, bayi bisa diajarkan perbedaan tersebut dengan memberikan tanda sederhana, seperti menempatkan boks di dekat jendela dengan tirai terangkat. “Cahaya alami akan membantu bayi mengatur ritme sirkadiannya,” ujar Herman. Sementara itu, pada malam hari, mulailah dengan ritual tenang. Memakaikan piyama dan meletakkan di boks dengan lampu padam atau redup menjadi ritual yang diterapkan.

 

Ketika menidurkan bayi, Anda hanya cukup dengan menggendongnya tanpa menimang-nimang. Bila sudah tertidur, rebahkan secara perlahan di boks. Namun bila ia tiba-tiba terjaga, gendonglah kembali hingga tertidur.



 

Hari 3-4
Tahap selanjutnya adalah menggendong bayi hingga tenang dan tempatkan Si Kecil di boks saat mengantuk namun masih terjaga. Kemudian usap-usap punggungnya hingga tertidur. Cara ini bertujuan untuk membuat Si Kecil paham bahwa Anda ada di dekatnya, namun ia harus tidur sendiri tanpa dibuai atau digendong.

 

Tahap 5-6
Duduklah ia didekat boks dengan salah satu tangan menyentuh punggungnya. Jangan pindahkan tangan Anda hingga ia tertidur. Ini bisa membutuhkan waktu yang lama, namun Anda harus tetap konsisten.

 

Ingin info lebih lanjut mengenai cara menidurkan bayi? Yuk, baca informasi selengkapnya di Mother&Baby edisi Maret 2017! (Diana/Seva/HH/Dok. pixabay)

 



Tags: tidur,   bayi,   anak








Cover Maret 2020