Mother&Baby Indonesia
Tips Mengatasi Kerak di Kepala Bayi

Tips Mengatasi Kerak di Kepala Bayi

Moms, apakah kulit kepala Si Kecil bersisik? Jika iya, jangan khawatir dulu ya, Moms. Bila kulit kepala bayi tampak kering, bersisik dan terlihat seperti ketombe, bisa jadi Si Kecil mengalami cradle cap atau dalam bahas medis disebut infantile seborrheic dermatitis.

 

Kondisi kepala berisik ini terbilang normal pada bayi baru lahir  dan tidak membahayakan, meski tampak tidak menarik. Pada umumnya,  cradle cap akah hilang dengan sendirinya dalam waktu 6 – 12 bulan, seperti dilansir dari babycenter.com.



 

Tapi, jika cradle cap tetap mengganggu Anda, ada beberapa home treatment yang dapat dilakukan untuk mempercepat hilangnya 'sisik-sisik' ini.

 



1. Keramas Setiap Hari
Setelah mencuci rambutnya, pastikan seluruh shampo sudah hilang dari tubuh Si Kecil. Lanjutkan dengan menyisir rambut Si Kecil secara perlahan dengan sikat lembut atau menggunakan handuk.

 

2. Gunakan Minyak Alami
Anda bisa menggunakan minyak zaitun atau minyak kelapa untuk membantu menghilangkan plak atau sisik tersebut. Jangan lupa, gunakan minyak yang khusus untuk kulit kepala dan badan, bukan minyak zaitun atau minyak kelapa untuk memasak.

Caranya, oleskan minyak pada kulit kepala Si Kecil dan diamkan selama 15 menit. Sikat menggunakan sikat atau sisir yang lembut untuk menghilangkan sisiknya. Terakhir, bilas dengan sampo khusus bayi. Nah, selamat mencoba ya Moms, semoga cradle cap itu lenyap dari kepala sang buah hati.(Nadia/HH/Dok. M&B UK)



Tags: bayi,   newborn,   cradle_cap,   sisik,   kepala








Cover Januari - Februari 2020