Mother&Baby Indonesia
Si Kecil Batuk dan Pilek, Apakah Boleh Imunisasi?

Si Kecil Batuk dan Pilek, Apakah Boleh Imunisasi?

Dijawab oleh dr. Rouli Nababan, Sp.A, spesialis anak dari KiddieCare Center Sunter, Jakarta.

 

T: Dok, apakah anak yang sedang batuk dan pilek dapat diimunisasi? Kondisi-kondisi apa saja yang membuat anak tidak dianjurkan untuk melakukan imunisasi?



 



J: Keadaan terbaik anak dapat diberikan imunisasi adalah saat ia dalam kondisi sehat. Ada kondisi-kondisi tertentu imunisasi pada anak sebaiknya ditunda. World Health Organization (WHO) telah menjelaskan beragam penyakit yang meski diderita anak, namun dapat diizinkan untuk  menerima imunisasi, seperti alergi terhadap makanan dan bukan obat-obatan, asma, diare.

Dengan catatan, anak tidak mengalami dehidrasi, menderita penyakit genetik seperti hemofilia, anak yang sedang dalam terapi pengobatan antibiotik, anak terinfeksi HIV namun belum menunjukkan gejala penyakit AIDS, penyakit kronis seperti jantung, sakit paru-pari dan gagal ginjal, kondisi saraf yang tidak stabil seperti lumpuh otak dan Down Syndrome, lahir prematur dan lahir dengan berat badan rendah, menderita kurang gizi, serta tengah menjalani perawatan dengan metode pembedahan. (Meiskhe/HH/dok.M&B UK)



Tags: bayi,   imunisasi,   obat,   sakit,   sehat,   batuk,   pilek,   sistem_imun








Cover Januari - Februari 2020