Mother&Baby Indonesia
6 Cara Meringankan Nyeri karena Tumbuh Gigi pada Bayi

6 Cara Meringankan Nyeri karena Tumbuh Gigi pada Bayi

Sebelum usia 6 bulan, bayi akan mengalami proses tumbuh gigi atau disebut erupsi gigi. Saat tumbuh gigi, bayi akan merasakan nyeri dan gatal pada gusi sehingga akan lebih rewel daripada biasanya. Tidak jarang ia juga akan mengalami demam. Nah, untuk menyamankan rasa nyeri itu lakukanlah hal-hal berikut ini:

 

1) Berikan teether
Salah satu tanda gigi bayi akan tumbuh adalah ia jadi hobi memasukkan sesuatu ke dalam mulutnya lalu dikunyah. Pada masa ini, berikan bayi teether atau mainan yang digigit tetapi pilihlah yang aman dan BPA Free. Teether bisa menjadi alat yang efektif untuk mengurangi rasa nyeri saat tumbuh gigi.




2) Tekan gusi bayi dengan jari
Anda bisa membantu meringankan rasa nyeri dengan menekan gusi bayi dengan jari Anda. Namun pastikan jari Anda dalam kondisi steril atau sudah cuci tangan ya, Moms. Mungkin, akan terasa sakit di awal, tetapi setelahnya rasa nyeri itu berkurang.


3) ASI lewat gelas
Mungkin ada beberapa bayi yang suka disusui lebih lama saat tumbuh gigi, namun ada juga beberapa bayi yang merasakan gusinya semakin nyeri akibat tekanan saat menyusui, sehingga ia menolak menyusui. Nah, carilah alternatif lain dalam memberikan ASI, misalnya melalui gelas.


4) Biskuit untuk dikunyah
Berikan bayi biskuit khusus bayi sebagai ganti teether. Tekstur biskuit yang mudah dilumatkan cukup aman untuk bayi, namun tentu saja Anda harus selalu mengawasinya ya.




5) Timun dingin
Saat Si Kecil sudah mulai disapih, berikan timun dingin untuk dikunyah. Sensasi renyah dan dingin dari timun akan mengurangi rasa nyeri pada gusinya.


6) Es ASI
Es batu bermanfaat untuk menyamankan radang. Begitu pula dengan ASI yang dibentuk menjadi es, bisa menyamankan nyeri gusi bayi. Gosokkan es ASI pada gusi dan hindari meninggalkannya di dalam mulut bayi ya, untuk mencegah bayi tersedak.

Selamat mencoba, Moms! (Meiskhe/HH/M&B UK)



Tags: bayi,   tumbuh_gigi,   gusi,   erupsi,   teether,   mainan,   nyeri,   sakit








Cover Maret 2020