Mother&Baby Indonesia
10 Rekomendasi MPASI untuk Baby Led Weaning

10 Rekomendasi MPASI untuk Baby Led Weaning

Moms, salah satu kunci keberhasilan menerapkan metode Baby Led Weaning (BLW) dalam memberikan MPASI kepada bayi adalah memilih finger food yang tepat. Nah, Julie Clark, seorang nutrisionis dan penulis buku Baby Led Weaning Step by Step menganjurkan Anda untuk memberikan makanan berikut ini:

 

1) Irisan mangga
Mangga kaya akan vitamin A sehingga bermanfaat untuk kesehatan mata Si Kecil. Saat memberikannya kepada Si Kecil, iris mangga dalam potongan kecil-kecil tanpa mengeluarkan kulitnya supaya mudah dipegang.




2) Pisang
Pisang adalah finger food yang paling mudah ditemukan. Potong pisang dengan ukuran kecil atau  segenggam tangan supaya mudah dipegang Si Kecil.


3) Brokoli rebus
Tekstur dan bentuk brokoli yang seperti pohon menjadikannya mudah digenggam bayi. Brokoli mengandungan vitamin C yang dibutuhkan untuk menyerap zat besi sehingga sangat dibutuhkan tubuh.


4) Irisan daging
Anda bisa memulai mengenalkan daging dengan memberikan daging ayam dalam potongan memanjang. Setelah Si Kecil bisa mengunyah, berikan ia daging sapi. Daging kaya akan protein yang sangat bermanfaat untuk tumbuh-kembang Si Kecil.


5) Wortel rebus
Potong wortel memanjang atau bentuk bulatan, kemudian rebus. Wortel mengandung banyak vitamin A yang baik untuk kulit dan mata.




6) Jagung mini (baby corn)
Bentuknya yang memanjang sangat cocok dijadikan finger food. Jadi Anda tidak perlu memotongnya lagi saat hendak disajikan. Rebus jagung sebelum diberikan kepada Si kecil, ya Moms!


7) Telur rebus
Rebus telur dan pastikan sudah matang betul sebelum memberikannya kepada Si Kecil. Potong menjadi 4 bagian. Telur sangat bermanfaat karena kaya protein dan vitamin A.


8) Omelet atau telur dadar
Seperti halnya telur rebus, omelet juga kaya protein. Goreng telur dengan minyak sayur lalu potong memanjang 3 cm sebelum memberikannya untuk Si Kecil.


9) Irisan Timun
Irisan timun yang dingin sangat baik diberikan kepada Si Kecil saat giginya mulai tumbuh. Ia akan merasa nyaman walau ada nyeri karena tumbuh gigi.


10) Kentang tumbuk
Rebus kentang kemudian haluskan dan sajikan di dalam mangkuk. Biarkan Si Kecil meraup kentang itu untuk dimasukkan ke dalam mulutnya. (Meiskhe/HH/dok.M&B UK)



Tags: bayi,   mpasi,   finger_food,   blw,   makanan,   nutrisi,   vitamin,   protein








Cover Maret 2020