Mother&Baby Indonesia
Tips Berhasil ASI Eksklusif dengan Exclusive Pumping

Tips Berhasil ASI Eksklusif dengan Exclusive Pumping

Moms, belakangan ini semakin banyak ibu yang memberikan ASI kepada bayi dengan exclusive pumping (e-pumping). E-pumping adalah memerah atau memompa ASI secara ekslusif dan tidak menyusui langsung sama sekali. Biasanya, cara ini dipilih karena ibu tidak dapat memberikan ASI lewat payudara karena alasan kesehatan pada ibu maupun bayi.
Meski mungkin manfaatnya 'tak sebanyak' menyusui langsung, namun e-pumping telah membantu para bayi untuk mendapatkan makanan terbaik yaitu ASI.

 

Namun sebelum memutuskan, e-pumping, Anda sebaiknya mempertimbangkan tentang manfaat menyusui langsung terlebih dahulu. Ingatlah untuk tidak cepat menyerah ketika menghadapi berbagai masalah dalam menyusui. Jika perlu, minta pendampingan dari konselor dan konsultan laktasi. Namun, apabila telah mencoba beragam cara namun tetap tidak dapat menyusui secara langsung, maka e-pumping dapat menjadi pilihan Anda.



BACA JUGA:

Tips Meningkatkan Stok ASI

Trik Memberi ASI Eksklusif bagi Ibu Bekerja

 

Berikut adalah kiat agar Anda bisa berhasil e-pumping:

 

Memilih pompa
Langkah awal adalah memilih peralatan pumping yang cocok. Ada 2 cara memerah ASI yaitu dengan tangan dan pompa (breastpump). Apabila Anda memerah dengan breastpump, maka ikutilah tips berikut agar pumping menjadi lebih mudah:

  • Pompa ASI terdiri atas 2 jenis yaitu manual dan elektrik. Keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Sebelum membeli, ada baiknya melakukan tes kecocokan dengan menyewa breastpump terlebih dahulu.

 

  • Memakai bra menyusui handsfree akan sangat membantu Anda  melakukan aktivitas lain sembari memompa ASI.

 



  • Pastikan pompa dan botol telah steril sebelum Anda menggunakannya.

 

  • Simpan breastpump sepaket dengan perlengkapan lain yang Anda butuhkan saat memerah.

 

  • Siapkan tas khusus untuk membawa breastpump saat Anda beraktivitas di luar rumah.

 

Jadwal teratur
Situs exclusivepumping.com menyarankan Anda membuat jadwal memompa ASI secara teratur. Konsultan laktasi menyarankan pumping idealnya dilakukan 2 hingga 3 jam atau 8 sampai 12 jam setiap hari. Namun, hal tersebut juga bergantung pada produksi ASI ibu.

 

Nutrisi
Keuntungan pumping yang lain adalah Anda dapat menghitung ASI yang dihasilkan. Hal tersebut akan membantu Anda untuk mengukur kalori yang Anda gunakan selama memompa. Setiap 1 oz (29,5 ml) ASI setara dengan 20 kalori. Jadi apabila Anda menghasilkan 20 oz ASI, berarti Anda membutuhkan 400 kalori untuk memompa. Asupan nutrisi yang baik tentunya akan membantu Anda dalam memompa ASI. Nah, semoga berhasil ya Moms! (Meiskhe/HH/dok.FreeDigitalPhotos)

BACA JUGA:

9 Kunci Keberhasilan dalam Menyusui

TIps Mudah Melakukan Eksklusif Pumping



Tags: ibu,   bayi,   menyusui,   asi,   ekslusif_pumping,   pompa,   perah








Cover Januari - Februari 2020