Mother&Baby Indonesia
Atasi Keluhan Kehamilan dengan Makanan Ini

Atasi Keluhan Kehamilan dengan Makanan Ini

Tidak sedikit ibu hamil yang mengalami beragam keluhan selama hamil, terutama di awal trimester pertama, akibat perubahan hormonal. Keluhan itu seperti mual dan muntah di pagi hari atau morning sickness, sakit kepala, konstipasi, heartburn, dan sariawan. Mungkin keluhan itu tidak bisa Anda cegah kehadirannya. Tetapi Anda dapat meminimalkan sakit yang Anda rasakan.

Louise Pyne, seorang nutrisionis terkenal dari London berbagi solusi untuk mengatasi keluhan tersebut dengan mengonsumsi jenis makanan berikut:

 



Morning sickness
Jika Anda merasa mual dan ingin muntah di pagi hari terutama di awal-awal kehamilan, maka konsumsilah jahe, karena jahe bermanfaat untuk menetralkan asam lambung. Selain itu, mengandung zat gingerol yang dapat mengatasi rasa mual.

 

Sakit kepala
Sakit kepala adalah keluhan yang umum dialami ibu hamil. Penyebabnya beragam seperti stres, dehidrasi, otot tegang, fluktuasi hormon dan peningkatan aliran darah. Untuk meredakan sakit kepala dan migrain, konsumsilah banyak bayam. Bayam kaya akan magnesium yang dapat meningkatkan aliran darah ke otak sehingga meminimalisir sakit yang Anda rasakan.

 

Sembelit
Mengatasi sembelit cukup mudah yaitu mengonsumsi makanan berserat seperti apel. Serat dalam apel dapat menjadi pencahar alami sehingga membuat Anda kembali nyaman.



 

Kaki kram
Kram biasanya dialami saat kehamilan menginjak trimester 3 karena beban di perut semakin berat. Kram juga merupakan tanda Anda mengalami dehidrasi dan kekurangan nutrisi seperti kalium. Jadi, sebaiknya Anda rutin mengonsumsi avokad untuk meredakan kram yang dirasakan.

 

Heartburn
Rasa panas di dada akibat naiknnya asam lambung ke kerongkongan bisa Anda atasi dengan mengonsumsi air perasan lemon di pagi hari. Lemon bermanfaat sebagai antasid dan sangat ampuh bila dikonsumsi sebelum Anda sarapan.

 

Sariawan
Tidak hanya di mulut, sariawan juga bisa terjadi pada vagina karena meningkatkan cairan vagina selama kehamilan. Untuk mengatasinya perbanyaklah mengonsumsi yogurt alami yang kaya probiotik. (Meiskhe/HH/dok.M&B UK)



Tags: kehamilan,   keluhan,   penyakit,   makanan,   nutrisi,   sakit_kepala,   sembelit,   morning_sickness,   kaki_kram










Cover Mei-Juni-Juli 2020