Mother&Baby Indonesia
Pusing saat Hamil, Tanda Anemia?

Pusing saat Hamil, Tanda Anemia?

Dijawab oleh dr. Ardiansjah Dara, Sp.OG dari MRCC Siloam Hospital.


T:  Dok, usia kehamilan saya sekarang 7 minggu. Belakangan ini saya selalu merasa pusing, terutama saat bangun tidur di pagi hari ataupun saat berdiri terlalu lama. Apakah pusing yang saya rasakan ini termasuk gejala anemia? Bagaimana mengatasinya?

 



J: Rasa pusing pada kehamilan terutama pada trimester pertama. biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya perubahan hormonal akibat kehamilan, kurangnya intake makanan dan minuman akibat mual muntah, ataupun ada masalah lain seperti migrain, kurang tidur hingga kurang darah atau yang sering disebut anemia.



Anemia merupakan sebuah kondisi yang terjadi akibat kurangnya jumlah sel darah merah atau hemoglobin, yang menyebabkan oksigen tidak dapat diantarkan ke jaringan tubuh dengan maksimal sehingga memengaruhi fisik sesorang. Anemia lebih sering dialami wanita. Saat hamil, cairan tubuh cenderung bertambah terutama pada kehamilan lanjut sehingga darah menjadi encer. Namun, ada juga yang mengalaminya karena pernah ada masalah dengan darah sebelum hamil.

Mengenai pusing yang Anda alami, ada baiknya ditelusuri penyebabnya, dapat dilakukan dengan mengukur tekanan darah dan pemeriksaan lab darah. Apabila hasilnya normal, solusinya adalah dengan memperbaiki intake makanan dan minuman, istirahat yang cukup, atau ringankan dengan mengonsumsi obat sakit kepala sesuai petunjuk dokter. (Meiskhe/HH.dok.M&B UK)



Tags: ibu,   kehamilan,   penyakit,   gejala,   anemia,   kurang_darah,   nutrisi








Cover Maret 2020