Mother&Baby Indonesia
Kiat Awet Muda dengan Rutin Bersepeda

Kiat Awet Muda dengan Rutin Bersepeda

Anda suka bersepeda bersama keluarga? Bersepeda selain menyenangkan, juga ada manfaat kesehatan yang bisa kita dapat ya, Moms. Bersepeda bisa Anda lakukan dengan cara berkeliling area tempat tinggal ataupun menggunakan sepeda statis di rumah atau di tempat gym.

Nah, banyak orang berpikir bahwa bersepeda dalam jangka waktu lama dan pelan adalah olahraga terbaik. Tidak sedikit yang menghabiskan sekitar 30 menit sesi bersepeda di gym.


Namun, sebuah studi di Amerika Serikat menemukan, hanya empat menit bersepeda intensif dengan genjotan ringan tiga menit yang rutin dilakukan 12 kali seminggu ditambah 90 menit jalan di treadmil, Anda akan mendapatkan manfaat yang diinginkan.




Para peneliti di Mayo Clinic di Minnesota menemukan bersepeda dalam waktu singkat ternyata dapat meningkatkan kebugaran, memotong lemak tubuh dan dapat menangkal diabetes, serta menanggulangi penuaan sel. Menurut ilmuwan, tujuh menit latihan ini memiliki dampak terbesar ketika dilakukan 12 kali seminggu dan manfaatnya bertambah bila disertai  berjalan kaki selama 90 menit.

Hasil studi diterbitkan dalam jurnal Cell Metabolism. Studi ini melibatkan 72 pria dan wanita berusia antara 18-30 dan 65 -80 tahun. Mereka melakukan serangkaian latihan dengan intensitas tinggi, termasuk diet dan bersepeda. Hasil penelitian menunjukkan, orang-orang pada kelompok usia yang lebih tua paling diuntungkan dari kegiatan ini. Terjadi peningkatan  yang luar biasa dalam produksi protein, yaitu mencapai 69%. Orang-orang ini hanya bersepeda selama  4 menit dengan intensitas tinggi. Lalu,  dilanjutkan selama 3 menit mengayuh sepeda dengan intensitas rendah tanpa beban. Kegiatan tersebut diulang sebanyak 4 kali.

 



Bagi Anda yang kurang waktu untuk berolahraga, peneliti senior Dr Sreekumaran Nair melaporkan bahwa olahraga singkat tapi intensif adalah yang terbaik. "Ketika Anda ingin menunda proses penuaan, tak ada yang dapat menggantikan program latihan ini.  Hal ini tak dapat digantikan oleh obat apa pun," ujarnya.


Orang-orang tersebut melakukan latihan sepeda selama empat menit dengan intensitas tinggi. Lalu, dilanjutkan tiga menit menggenjot ringan tanpa beban yang diulang sebanyak 4 kali. Sesi bersepeda sebaiknya dilakukan tiga hari seminggu dan dikombinasikan dengan 45 menit jalan dengan intensitas rendah menggunakan treadmill. (Seva/HH/Dok. freepik)


 



Tags: penuaan dini,   sepeda,   kesehatan








Cover Januari - Februari 2020