Mother&Baby Indonesia
8 Hal yang Harus Pasangan Lakukan Agar Cepat Hamil

8 Hal yang Harus Pasangan Lakukan Agar Cepat Hamil

Menurut World Health Organization (WHO), pasangan yang dianggap kurang subur adalah mereka yang sudah berhubungan intim secara rutin selama 1 tahun, namun belum juga dikaruniai kehamilan. Nah, jika Anda adalah salah satu pasangan yang sedang mendambakan kehamilan, maka 8 hal ini harus Anda perhatikan. Simak penjelasan 8 hal tersebut, yuk.

 

1. Berat Badan
“Dalam tubuh yang sehat, terdapat sperma yang sehat,” ujar Jamin Brahmbhatt, MD, co-direktur Klinik PUR di Clermont, Florida. Sebuah studi oleh Harvard School of Public Health menemukan bahwa pria kelebihan berat badan memiliki sperma 11 persen lebih rendah dibandingkan berat badan normal. Bahkan ada yang lebih buruk dari itu, yaitu bila pria yang mengalami obesitas, makan akan memiliki sperma 42 persen lebih rendah.



 

2. Rokok
Merokok tidak hanya merusak paru-paru Anda, tapi juga dapat mengurangi kesuburan Anda. "Merokok diketahui mempengaruhi jumlah sperma, pergerakan sperma, dan kesehatan umum sperma. Metabolit tembakau bahkan dapat ditemukan dalam air mani, ujar Edmund Sabanegh, MD, direktur Pusat untuk Kesuburan Pria di Cleveland Clinic di Cleveland, Ohio. Bila ingin sperma kembali bagus, hentikan kebiasaan merokok sekarang juga!

 

3. Tidur yang Cukup
Sebuah penelitian di Boston University School of Public Health diikuti hampir 800 pasangan yang sedang berusaha untuk hamil dan menemukan bahwa pria yang tidur kurang dari enam jam dan lebih dari sembilan jam semalam memiliki probabilitas 42 persen lebih rendah untuk mendapatkan keturunan daripada pria yang tidur tujuh sampai delapan jam setiap malam.

 

4. Kopi
Sebuah studi baru dalam jurnal Reproductive Toxicology menemukan bahwa pria yang mengkonsumsi lebih dari 300 miligram kafein sehari (terutama pada soda dan minuman energi) memiliki kesempatan lebih kecil untuk mendapatkan keturunan dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi kafein. Satu kaleng minuman energi, mengandung kurang lebih 100 miligram kafein.

 



5. Air Panas
Berendam air panas ternyata dapat memengaruhi sperma pasangan Anda, lho! Oleh karena itu, hindari berendam air panas dan selalu gunakan celana yang menyerap keringat.

 

6. Mulai Makan Sayur
Yuk, ajak pasangan Anda makan sayur dan buah setiap harinya! Tidak hanya memiliki cukup vitamin dan mineral berkontribusi untuk kesehatan sperma secara keseluruhan, para peneliti Spanyol menemukan bahwa antioksidan yang ditemukan dalam berbagai jenis produk dikaitkan dengan kualitas sperma yang lebih baik.

 

7. Menonton TV
Para peneliti di Harvard School of Public Health menemukan bahwa pria yang menonton TV lebih dari 20 jam dalam seminggu, memiliki jumlah sperma 44 persen lebih rendah daripada mereka yang jarang menonton TV.

 

8. Bersepeda
Olahraga teratur juga membantu menjaga berat badan yang sehat, serta faktor kesuburan lain. Tapi pasangan Anda harus memperhatikan dengan memilih olahraga yang tepat. Bersepeda bukan salah satu olahraga yang tepat, karena salah satu studi yang dipublikasikan dalam jurnal Fertility and Sterility menemukan bahwa pria yang bersepeda selama lebih dari lima jam seminggu memiliki konsentrasi sperma lebih rendah daripada pria yang tidak bersepeda. (Seva/TW/Dok. M&B UK)



Tags: kesehatan,   kehamilan,   kesuburan,   tips,   fertilitas,   infertilitas,   kandungan










Cover April 2020