Mother&Baby Indonesia
Solusi untuk Mengobati Infertilitas

Solusi untuk Mengobati Infertilitas

Kehamilan tidak kunjung datang, meski Anda dan pasangan sudah menikah lebih dari 1 tahun? Hati-hati, bisa saja Anda atau pasangan mengalami ketidaksuburan atau yang dikenal dengan infertilitas.

 

Menurut dr. Dara Ardiansjah, Sp.OG dari MRCC Siloam Hospital, Jakarta infertilitas terjadi apabila pasangan suami istri, telah berhubungan intim secara rutin, tanpa alat kontrasepsi atau pencegah kehamilan, tetapi tidak kunjung hamil dalam kurun waktu setahun.




Infertilitas terbagi atas 2 yaitu infertilitas primer dan infertilitas sekunder. Infertilitas primer terjadi bila istri belum pernah hamil selama 1 tahun menikah. Sementara infertilitas sekunder terjadi apabila istri pernah hamil dan sudah memiliki anak, namun sulit hamil kembali di kehamilan berikutnya. Risiko infertilitas bisa dialami oleh wanita dan pria. Namun, tidak perlu khawatir karena infertilitas bisa diobati.


Cara mengatasi infertilitas




Untuk tahap awal pengobatan, Anda dan suami akan diperiksa. Biasanya suami akan melakukan pemeriksaan sperma, sementara istri akan melalui beberapa tahapan pemeriksaan, seperti pemeriksaan hormonal dan HSG (histerosalpingografi). Pemeriksaan HSG ini dilakukan untuk mengetahui kondisi saluran telur apakah ada sumbatan serta mengecek kondisi rahim, untuk mendeteksi kelainan seperti miom, polip dan perlengketan (adhesi) dinding rahim.

 

Jika Anda dan suami telah melakukan pemeriksaan dan hasilnya normal, maka Anda perlu mengevaluasi hubungan intim Anda dengan pasangan. "Kebanyakan kasus, terutama pasangan suami-istri di Jakarta, keduanya sibuk dengan urusan pekerjaan. Rasa lelah pun tidak terhindari sehingga mereka menjadi jarang melakukan hubungan seks. Akibatnya, kemungkinan untuk hamil menjadi lebih kecil," jelas dr. Dara.


Hal penting yang perlu Anda ketahui bahwa, wanita mengalami ovulasi atau masa subur hanya sekitar 1 hari (24-36 jam) saja dalam 1 siklus. Jika Anda ingin meningkatkan peluang untuk hamil, maka lakukan hubungan intim di hari tersebut. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui kapan masa subur tersebut tiba. (Meiskhe/HH/Dok. M&B UK)



Tags: kehamilan,   kesuburan,   infertilitas,   suami,   istri,   pengobatan,   obat








Cover Januari - Februari 2020