Mother&Baby Indonesia
Waspada Sinusitis pada Anak, Kenali Gejalanya

Waspada Sinusitis pada Anak, Kenali Gejalanya

Pernahkah anak mengalami pilek berkepanjangan sehingga membuatnya rewel sepanjang hari? Jangan sepelekan pilek tersebut ya, Moms karena bisa saja Si Kecil mengalami peradangan di dalam rongga hidungnya atau sinusitis. 

 

Apa itu sinusitis?



Menurut buku Ensiklopedia Anak, yang ditulis oleh Dr. I Gusti Ayu Nyoman Partiwi SpA, sinusitis adalah peradangan pada selaput sinus (rongga berisi udara di dalam tulang yang mengelilingi hidung). Sinusitis paling sering disebabkan oleh infeksi bakteri setelah pilek karena lendir yang diproduksi di dalam sinus menangkap bakteri.

 

Gejala

Gejala yang akan dialami Si Kecil ketika terkena sinusitis, diantaranya pilek yang tidak kunjung sembuh, hidung berair terus menerus, batuk, sakit kepala, serta demam ringan (tidak sampai 38 derajat C).

 



Perawatan

Jika sinusitis membuat Si Kecil kehilangan kemampuan indra penciuman dan sulit tidur, berikan parasetamol sesuai dosis dan berat badannya. Jangan lupa untuk mengonsumsi banyak air putih, ya Moms! Anda juga dapat menggunakan inhalasi uap untuk meringankan hidung yang tersumbat. Caranya, cukup sediakan baskom berukuran sedang, lalu isi dengan air panas. Biarkan Si Kecil menghirup uapnya. Anda harus selalu mengawasinya agar wajah Si Kecil tidak melepuh kepanasan, memberikan beberapa tetes minyak kayi putih atau minyak telon juga menjadi alternatif yang bagus.

 

Hubungi Dokter

Infeksi awal pada sinus umumnya sulit didiagnosis hanya dengan pemeriksaan fisik. Sinusitis baru bisa terdeteksi apabila dilakukan foto rontgen pada sinus. Anda dapat konsultasikan kepada dokter bila gejala sinusitis benar-benar mengganggu kenyamanan SI Kecil. (Seva/HH/Dok. M&B UK)



Tags: bayi,   sinusitis,   penyakit,   anak,   balita,   kesehatan,   pilek,   demam,   batuk,   radang








Cover Maret 2020