Mother&Baby Indonesia
Pertolongan Pertama Saat Si Kecil Tersedak

Pertolongan Pertama Saat Si Kecil Tersedak

Si Kecil tersedak, Moms? Ya, tersedak terkadang dialami oleh Si Kecil saat makan atau tidak sengaja menelan sesuatu, seperti mainan. Salah satu ciri saat Si Kecil tersedak adalah muncul suara seperti tercekik yang bernada tinggi, tidak dapat berbicara, serta wajahnya memerah dan dapat berubah menjadi biru. Nah, berikut pertolongan pertama yang harus Anda lakukan kala Si Kecil tersedak:

 

1. Berikan 5 Tepukan pada Punggung
Posisi Anda duduk di kursi, kemudian telungkupkan Si Kecil di paha Anda menghadap depan. Condongkan tubuhnya lalu topang dagu di antara jari-jari Anda. Dengan hati-hati dan mantap, berikan 5 tepukan tajam di atas punggungnya dengan tumit tangan Anda. Keluarkan apa pun yang terlihat di mulut bayi.



 

2. Berikan 5 Tekanan di Dada
Jika tepukan punggung tidak berhasil, balikkan tubuh bayi dan letakkan dua jari pada tulang dada, di bawah garis puting susu. Berikan 5 tekanan tajam mengarah ke bawah. Buang semua benda dari mulut. Jika pengulangan langkah 1 dan 2 sebanyak 3 kali gagal, segera bawalah ke UGD terdekat.

 

Segera hubungi ambulans jika Si Kecil atau anak kehilangan kesadaran saat tersedak. Selagi menunggu ambulans datang, lakukan langkah berikut. Sesuai urutan:

 



a. Buka jalan napas. Posisikan Si Kecil dalam tidur terlentang. Buka mulutnya, jika Anda melihat benda yang menghambat, berhati-hatilah menyingkirkan semua benda yang terlihat.

 

b. Periksa pernapasan. Jika tidak ada napas, berikan 2 napas bantuan. Ambil napas dalam-dalam tempatkan bibir Anda di mulut dan hidung, lalu tiup dengan mantap ke paru-paru. Awasi kenaikan dada. Angkat mulut Anda dan biarkan dadanya turun.

 

c. Periksa tanda-tanda sirkulasi. Lihat, dengar dan rasakan gerakan, napas, batuk, atau warna kulit yang normal. Jika ada, lanjutkan memberi napas bantuan hingga ambulans datang. (Seva/HH/Dok. M&B UK)

 



Tags: anak,   tersedak,   balita








Cover Januari - Februari 2020