Mother&Baby Indonesia
Musim Hujan, Awas Anak Terkena Radang Tenggorokan

Musim Hujan, Awas Anak Terkena Radang Tenggorokan

Musim hujan identik dengan wabah penyakit yang bisa menyerang anak kapan saja. Salah satunya, radang tenggorokan. Jangan sampai Si Kecil terkena penyakit ini ya, Moms karena di bagian tenggorokan akan terasa sakit. Alhasil, Si Kecil akan kesulitan menelan dan merasakan ketidaknyamanan setiap saat.

 

Untuk tahu, apakah Si Kecil mengalami radang tenggorokan, Anda perlu mengenali gejalanya. Umumnya, Si Kecil akan demam dengan suhu di atas 38° Celcius, menolak makan karena rasa sakit pada tenggorokan, suara serak, sulit menelan, menggigil, batuk, flu, bersin-bersin, rasa tidak enak badan, sakit kepala, bau mulut, serta mual dan muntah.



 

Kebanyakan radang tenggorokan disebabkan infeksi virus dan hanya sebagian kecil yang disebabkan bakteri serta faktor lainnya. Berbeda dengan infeksi virus, radang tenggorokan yang disebabkan bakteri umumnya menimbulkan gejala demam, pembesaran kelenjar di leher, nyeri tenggorokan, tetapi tidak disertai batuk ataupun flu. Faktor penyebab yang lain adalah  alergi, udara yang kering, polusi, asap rokok, muscle strain atau terlalu sering bernyanyi dan berteriak serta gastroesophageal reflux disease (GERD).


Apabila radang tenggorokan disebabkan infeksi virus maka Si Kecil tidak perlu obat antibiotik. Beberapa hal yang harus dilakukan adalah perhatikan asupan cairan Si Kecil agar terhindar dari dehidrasi. Selain itu, hindari asap rokok serta polutan lainnya. Minimalisasi penyebaran infeksi lainnya dengan menggunakan masker, dan rutin mencuci tangan dengan sabun antiseptik.

 



Nah, agar Si Kecil merasa nyaman kala mengalami radang tenggorokan, coba lakukan hal berikut:
1. Berikan Si Kecil minuman hangat berupa air putih yang telah dicampur madu.


2. Ajari Si Kecil berkumur dengan air garam untuk melegakan tenggorokan. Campurkan ¼ hingga ½ sendok teh garam dengan segelas air putih sampai larut, kemudian gunakan untuk berkumur.


3. Berikan permen isap antiseptik untuk membantu menghasilkan air liur yang bermanfaat untuk melembapkan tenggorokan.


4. Nyalakan air humidifier di kamar Si Kecil untuk membantu melegakan pernapasan Si Kecil. (Meiskhe/HH/dok.M&B UK)



Tags: balita,   penyakit,   musim_hujan,   radang_tenggorokan,   cairan,   air_putih,   pengobatan,   dokter_anak








Cover Maret 2020