Mother&Baby Indonesia
5 Makanan Penting Agar Gigi Anak Tetap Sehat

5 Makanan Penting Agar Gigi Anak Tetap Sehat

Untuk memastikan Si Kecil memiliki gigi yang sehat, Anda tidak harus selalu fokus pada makanan yang dapat membuat gigi sakit. Akan tetapi, Anda juga harus memerhatikan makanan yang dapat membuat giginya sehat.


Penting kita tahu Moms, musuh terburuk bagi gigi Si Kecil adalah asam yang didapatkan dari beberapa makanan dan minuman. Asam ini dapat menciptakan rongga pada gigi dan merusak pelindung gigi. Tidak hanya itu, makanan yang mengandung gula juga dapat merusak gigi.




Nah, berikut bahan makanan yang dapat menjaga gigi Si Kecil tetap sehat:

1. Air
Air mineral sangat diperlukan untuk membasuh gigi dan area mulut bagian dalam setelah makan. Air juga dapat mencegah kerusakan gigi karena makanan yang mengandung gula ataupun asam.


2. Buah dan Sayur Tinggi Serat
Makanan yang mengandung serat tinggi, seperti buah dan sayur berfungsi sebagai 'detergen' di mulut yang berfungsi untuk menggosok bagian gigi yang kotor. Sayuran dan buah juga merangsang air liur yang dapat keluar ketika makanan tersebut dikunyah beberapa kali. Air liur sendiri merupakan garis pertahanan pertama bagi gigi untuk menetralkan asam yang dapat merusak gigi. Makanan tinggi serat merupakan bagian dari makanan sehat secara keseluruhan, sehingga memberikan manfaat ganda bagi Si Kecil.




3. Produk Susu
Produk olahan susu yang tidak banyak mengandung gula, dapat menjaga gigi dengan banyak cara. Keju membantu merangsang air liur. Sementara, kalsium yang terkandung di dalamnya dapat membantu menggantikan mineral dalam gigi yang sudah terkikis oleh asam. Susu, yogurt dan produk sejenisnya juga mengandung kalsium diperkaya dengan vitamin D yang juga menjaga kesehatan gigi.


4. Teh
Teh hijau dan hitam mengandung polifenol yang membunuh atau menekan bakteri, mencegah pertumbuhan bakteri atau mencegah bakteri memproduksi asam untuk menyerang gigi.


5. Kacang
Beberapa jenis kacang memiliki kehebatan tersendiri. Misal, almon memiliki kalsium yang tinggi dan dapat menjaga gigi dan gusi dari bakteri. Kacang mete dapat merangsang air liur dan membuat gigi bersih. Kenari mengadung serat, asam folat, zat besi, kalium dan lain-lain yang dapat menjaga gigi dari kerapuhan. (Seva/HH/Dok. freepik)


 



Tags: gigi,   kesehatan,   balita








Cover Januari - Februari 2020