Mother&Baby Indonesia
Hindari Kesalahan Saat Mengejan Agar Persalinan Lancar

Hindari Kesalahan Saat Mengejan Agar Persalinan Lancar

Kebanyakan wanita hamil menginginkan persalinan yang normal, bukan? Selain lebih hemat dari sisi biaya, melahirkan secara alami juga memiliki masa pemulihan yang lebih singkat dibandingkan persalinan caesar. Selama dokter menyatakan kondisi Anda dan Si Janin memang sehat, sebaiknya Anda tak perlu ragu atau takut untuk melahirkan normal, ya. Namun ada yang perlu Anda tahu hal-hal yang dihindari saat mengejan, yaitu:

1. Berteriak Super Keras
Berisik atau berteriak ketika persalinan normal sebetulnya sah-sah saja, kok. Tetapi jangan sampai melengking dan super kencang, ya. Pasalnya, berteriak tanpa dikontrol dan tanpa disadari, bisa membuat Anda kelelahan dan kehilangan kendali selama proses mengejan.

 



2. Menutup Mata Rapat-rapat
Banyak wanita hamil sengaja memejamkan mata karena ingin fokus dalam mengejan. Padahal, seharusnya Anda membuka mata agar mata tidak mendapatkan tekanan yang bisa membuat pembuluh darah di selaput mata menjadi pecah.

 

3. Mengejan Tanpa Aba-aba
Biasanya dokter atau bidan akan menyuruh Anda untuk mengejan jika pembukaan sudah 10. Tujuannya utnuk menghindari pembengkakan atau edema pada mulut rahim .



 

Ingin mengetahui lebih banyak larangan saat Anda mengejan? Baca semua informasinya di Mother&Baby edisi April 2017! (Lydia/Seva/HH/Dok. M&B UK)

 



Tags: mengejan,   melahirkan normal,   kehamilan








Cover Januari - Februari 2020